Zelensky Resmi Pecat Jenderal Tertinggi Ukraina Valery Zaluzhny

Jum'at, 09 Februari 2024 - 08:16 WIB
loading...
A A A
Kantor Zelensky awalnya membantah rumor tersebut, namun langkah tersebut dikonfirmasi pada hari Kamis.

Menurut salah satu sumber, Zaluzhny—yang ditunjuk sebagai Panglima Militer Ukraina oleh Zelensky pada Juli 2021—ditawari posisi baru oleh presiden, namun dia menolaknya.

Masih belum jelas apakah Zaluzhny memutuskan untuk tetap terlibat dengan militer dalam kapasitas tertentu.

Perseteruan antara kedua tokoh penting Ukraina tersebut telah berkobar selama berbulan-bulan namun tampaknya semakin melebar menjelang akhir tahun lalu, setelah Zaluzhny mengatakan perang telah mencapai jalan buntu dalam sebuah esai panjang dan wawancara di majalah The Economist pada bulan November.

Ketika menulis setelah serangan balik Ukraina yang sebagian besar digagalkan oleh pertahanan Rusia yang sangat kuat, dia memperingatkan bahwa tanpa lompatan teknologi yang besar, kemungkinan besar tidak akan ada terobosan yang dalam dan indah, melainkan keseimbangan antara kerugian dan kehancuran yang sangat besar.

Pernyataannya langsung menuai kritik dari kantor Zelensky, yang mengatakan bahwa komentar seperti itu tentang perang hanya menguntungkan Rusia.

Baru-baru ini, kedua pemimpin itu berselisih mengenai apakah Ukraina memerlukan upaya mobilisasi massa. Zaluzhny telah menyarankan agar diperlukan setengah juta wajib militer, namun Zelensky menolaknya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1713 seconds (0.1#10.140)