Serangan Balas Dendam AS Gagal Tewaskan Satu Pun Pasukan Iran

Selasa, 06 Februari 2024 - 07:04 WIB
loading...
Serangan Balas Dendam AS Gagal Tewaskan Satu Pun Pasukan Iran
Serangan balas dendam AS di Irak dan Suriah gagal tewaskan satu pun dari pasukan Iran dan milisi afiliasinya. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) telah meluncurkan serangan balas dendam di Irak dan Suriah pada Jumat tengah malam atau Sabtu dini hari. Namun Pentagon mengakui tak ada satu pun dari pasukan Iran maupun milisi pro-Teheran yang tewas.

Padahal, serangan itu diluncurkan dengan menargetkan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran dan kelompok-kelompok milisi afiliasinya. Itu merupakan aksi balasan atas serangan drone terhadap pangkalan Amerika di Yordania yang menewaskan tiga tentara Washington dan melukai lebih dari 40 tentara lainnya.

“Pasukan militer AS menyerang lebih dari 85 sasaran, dengan banyak pesawat termasuk pengebom jarak jauh yang diterbangkan dari Amerika Serikat. Serangan udara tersebut menggunakan lebih dari 125 amunisi presisi,” kata Komando Pusat (CENTCOM) AS dalam sebuah pernyataan.

Pada hari Senin, juru bicara Pentagon Mayor Jenderal Pat Ryder mengatakan wajar jika menyimpulkan bahwa kemungkinan ada korban jiwa terkait serangan ini. "Namun, AS tidak mengetahui adanya warga Iran yang terbunuh dalam serangan tersebut," katanya.



Pernyataan Ryder berbeda dengan laporan media-media Amerika sebelumnya yang menyebut sekitar 40 orang tewas dalam serangan balas dendam di Irak dan Suriah.

Ryder juga mengatakan bahwa AS sedang mengejar "teroris" yang memiliki hubungan dengan IRGC Iran dan bukan pejuang yang merupakan bagian dari Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) Irak.

PMF adalah bagian dari pasukan keamanan Irak. “Saat kami melakukan serangan ini, kami sangat fokus pada kelompok proksi yang didukung Iran dan bukan PMF,” kata Ryder kepada wartawan saat konferensi pers, sebagaimana dikutip dari Al Arabiya, Selasa (6/2/2024).

Menurut pejabat pertahanan AS, pasukan Amerika dan koalisinya telah diserang tiga kali di Irak dan Suriah sejak AS memulai serangan balasan terhadap milisi yang didukung Iran pekan lalu, menurut seorang pejabat pertahanan AS.

Dia menambahkan bahwa pasukan AS dan koalisinya di Irak, Suriah, dan Yordania kini telah menjadi sasaran 169 kali sejak 17 Oktober 2023.

Pada Minggu malam, sebuah drone serang satu arah menghantam pangkalan yang menampung pasukan Amerika di Suriah. “Beberapa korban SDF [Pasukan Demokratik Suriah] dilaporkan dan kerusakan signifikan pada infrastruktur,” kata pejabat pertahanan tersebut.

Pasukan Kurdi yang didukung AS mengatakan enam anggotanya tewas di pangkalan al-Omar di Suriah.

Pada Senin pagi, satu serangan roket diluncurkan di Situs Dukungan Misi Eufrat, Suriah. Tidak ada korban jiwa atau kerusakan infrastruktur yang dilaporkan.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)