Houthi: Serangan Udara AS dan Inggris Tidak Akan Menghalangi Dukungan bagi Palestina

Minggu, 04 Februari 2024 - 17:17 WIB
loading...
Houthi: Serangan Udara AS dan Inggris Tidak Akan Menghalangi Dukungan bagi Palestina
Pasukan AS melancarkan serangan ke basis pertahanan Houthi di Yaman. Foto/Reuters
A A A
SANAA - Kelompok Houthi yang menguasai Yaman mengatakan gelombang serangan udara terbaru yang dilakukan AS dan Inggris terhadap negara Arab itu tidak akan terjawab. Pasalnya, Houthi tetap akan memberikan dukungan penuh kepada Palestina.

Berbicara pada Minggu (4/4/2-24), juru bicara Angkatan Darat Yaman Brigadir Jenderal Yahya Saree mengatakan bahwa negara-negara agresor melakukan 48 serangan udara di provinsi Sana’a, Hudaydah, Sa’ada, al-Bayda, Ta’izz dan Lahij di Yaman.

“Serangan seperti itu tidak akan menghalangi kekuatan dan bangsa Yaman untuk tetap memberikan dukungan mereka terhadap Palestina dalam menghadapi pendudukan dan kejahatan Zionis,” tambahnya, dilansir Press TV. “Serangan yang dilakukan para agresor tidak akan dibiarkan begitu saja.”

Pada Sabtu malam, AS dan Inggris melancarkan serangan baru ke Yaman dari platform udara dan permukaan, termasuk jet tempur, dengan dukungan Australia, Bahrain, Kanada, Denmark, Belanda, dan Selandia Baru.

Dalam sebuah pernyataan, Komando Pusat AS (CENTCOM) mengklaim bahwa serangan udara tersebut menargetkan “beberapa fasilitas penyimpanan bawah tanah, komando dan kendali, sistem rudal, lokasi penyimpanan dan operasi UAV, radar, dan helikopter.”



Mereka juga menuduh bahwa serangan tersebut dimaksudkan untuk “menurunkan” kemampuan Yaman dalam melakukan operasi angkatan laut pro-Palestina.

Israel mengobarkan perang genosida di Jalur Gaza pada 7 Oktober menyusul operasi bersejarah kelompok perlawanan Hamas Palestina melawan rezim pendudukan.

AS telah menawarkan dukungan tanpa batas kepada Israel selama agresi yang sejauh ini telah menewaskan sedikitnya 27.238 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai 66.452 lainnya.

Sebagai solidaritas dengan warga Palestina di Gaza yang terkepung, pasukan Yaman telah menargetkan kapal-kapal yang menuju dan dari pelabuhan di wilayah pendudukan, atau yang pemiliknya memiliki hubungan dengan Israel, di Laut Merah bagian selatan, Selat Bab al-Mandeb, Teluk Aden, dan Teluk Aden. dan bahkan di Laut Arab.

Menanggapi kampanye maritim pro-Palestina, AS dan sekutunya telah mengebom Yaman yang melanggar kedaulatan negara dan hukum internasional.

Serangan ilegal tersebut mendorong Yaman untuk menyatakan kapal Amerika dan Inggris sebagai target sah angkatan bersenjatanya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)