Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Minggu, 04 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
A A A
“Bagi orang-orang yang kini segalanya lebih baik, yang tidak lagi menjadi korban pemerasan, yang tidak lagi diserang – orang-orang ini tidak tertarik apakah yang dilakukan Bukele legal atau tidak,” kata Ochoa, seorang dokter gigi asal Salvador. Berita DL.

“Mereka ingin melihat proses ini berlanjut.”

4. Menggunakan Pendekatan Populis

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters

Namun bagi sebagian orang, konsolidasi kekuasaan yang agresif dari presiden membayangi pencapaian tersebut.

“Retorika populis yang terburu-buru dan upaya berbahaya untuk mengikis institusi negara telah menodai kebangkitan demokrasi Bukele,” tulis organisasi nirlaba Human Rights Foundation pada tahun 2022.

Laporan tersebut mengkritik Bukele karena secara ilegal memecat hakim Mahkamah Agung dan mengupayakan pemilihan kembali meskipun konstitusi negara melarang hal tersebut.

“Memperdebatkan apakah El Salvador merupakan negara demokrasi atau tidak sudah tidak masuk akal lagi,” kata Santiago Cantón, sekretaris jenderal Komisi Ahli Hukum Internasional, mengatakan kepada Salvador El Faro.

“Dewan Legislatif El Salvador telah direduksi menjadi hanya sekedar perintah Cabang Eksekutif, seperti notaris,” katanya. “Dan lembaga yudikatif, pembela utama rakyat, sepenuhnya dikendalikan oleh eksekutif.”

Pengkritiknya juga termasuk Bitcoiner terkemuka seperti Alex Gladstein, penulis “Check Your Financial Privilege.”

“Sungguh membingungkan melihat para Bitcoiner dan yang memproklamirkan diri sebagai 'pemaksimal kebebasan' dengan penuh semangat menyemangati seorang ahli statistik yang menahan puluhan ribu orang secara sewenang-wenang dan menempatkannya di penjaradi atas hukum,” kata Gladstein di media sosial.

Namun demikian, keberhasilan Bukele dalam perang melawan geng memberinya dukungan pemilih. Dan rekam jejaknya yang kurang sempurna dalam hal Bitcoin tidak akan menghalanginya untuk mengejar proyek kripto yang lebih besar di masa jabatan keduanya – seperti Bitcoin City yang menjadi dongengnya.

5. Berasal dari Keluarga Konglomerat

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)