Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Minggu, 04 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
A A A
“El Salvador belum diakui sebagai negara yang pertama dalam inovasi. Tapi kenapa kali ini tidak?” Bukele bertanya. “Jika kita bisa menjadi yang terdepan dalam revolusi ekonomi, mengapa tidak mencobanya?”

7. Ingin Mewujudkan Mimpi Bitcoin

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters

Segera setelah El Salvador meloloskan Undang-undang Bitcoin pada bulan September 2021, Bukele meluncurkan dompet Bitcoin yang didukung pemerintah bernama Chivo, menawarkan setiap warga Salvador $30 dalam bentuk Bitcoin sebagai insentif untuk mendaftar.

ATM Bitcoin juga dijatuhkan di seluruh negeri – saat ini berjumlah 215, menurut Coin ATM Radar.

Langkah-langkah ini memicu harapan bahwa eksperimen Bitcoin di El Zonte – sebuah desa di Salvador di mana penduduk lokal dan usaha kecil menggunakan mata uang kripto untuk transaksi sehari-hari – dapat dilakukan dalam skala nasional.

Di negara yang 64% penduduknya tidak mempunyai rekening bank, hal ini merupakan prospek yang membuka mata.

Pemerintah juga meningkatkan proyek Bitcoin dalam upaya menarik modal dari luar negeri. Bukele telah berjanji untuk menerbitkan obligasi pemerintah senilai $1 miliar yang didukung Bitcoin.

Setengah dari hasil yang disebut Volcano Bond akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur Salvador – termasuk penambangan Bitcoin panas bumi – sementara sisanya akan diinvestasikan dalam Bitcoin.

Inisiatif lain memberi pemegang Bitcoin dan Tether jalan menuju kewarganegaraan Salvador melalui investasi USD1 juta di negara tersebut.

Namun, proyek Bukele yang paling ambisius adalah “Kota Bitcoin” – sebuah kota metropolitan melingkar yang futuristik yang ingin ia bangun di kaki gunung berapi Conchagua.

Dibiayai oleh Volcano Bond dan memanfaatkan energi panas bumi, Bitcoin City diharapkan mencakup zona perumahan, kawasan komersial, layanan, museum, tempat hiburan, bar, restoran, bandara, pelabuhan, dan layanan kereta api, Bukele mengumumkan pada November 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)