Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Minggu, 04 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto
Nayib Bukele?merupakan Presiden El Salvador yang sukses berantas kartel. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Presiden El Salvador Nayib Bukele menghadapi pemilihan kembali pada Minggu (4/2/2024). Bukele membuat heboh dunia kripto ketika dia membuat alat pembayaran Bitcoin yang sah pada tahun 2021.

Nayib Bukele menikmati tingkat popularitas yang hanya bisa diimpikan oleh sebagian besar pemimpin terpilih. Presiden El Salvador berusia 42 tahun ini unggul 68% dalam jajak pendapat dibandingkan lawan-lawannya saat negara Amerika Tengah itu menjelang pemilihan umum pada 4 Februari.

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

1. Mendukung Bitcoin Jadi Alat Pembayaran

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters

Melansir DL News, di kalangan kripto, Bukele adalah politisi trendi yang membuat alat pembayaran Bitcoin sah di negara berpenduduk 6 juta orang. Sejak tahun 2021, Departemen Keuangan Salvador telah menginvestasikan hampir USD130 juta, sedikit di atas 0,4% PDB negara tersebut, dalam mata uang kripto.

Pelukan Bukele terhadap Bitcoin juga membuka jalan bagi kepala negara lain untuk mempertimbangkan kripto sebagai solusi untuk masalah fiskal mereka, termasuk Javier Milei dari Argentina dan Faustin-Archange Touadéra dari Republik Afrika Tengah.

Tapi ini perjalanan yang bergelombang.

Terlepas dari upaya terbaik pemerintah, adopsi mata uang kripto secara nasional masih rendah.

Penggunaan Bitcoin oleh Bukele juga telah membuat kesal organisasi internasional seperti IMF, yang memperingatkan bahwa El Salvador menimbulkan “risiko besar terkait dengan penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, terutama mengingat tingginya volatilitas harga.”

2. Disebut Diktator

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters

Namun, bagi warga El Salvador yang pergi ke tempat pemungutan suara, usaha Bitcoin Bukele memudar ke latar belakang.

“Siapapun yang tinggal di sini dapat melihat bahwa keadaan menjadi lebih baik,” kata Erick Ochoa kepada DL News. “Saya tidak mengatakan dia adalah Presiden Super atau Politisi Super, tapi dia telah melakukan hal-hal untuk El Salvador yang tidak pernah dilakukan oleh politisi lain.”
Ochoa adalah seorang dokter gigi paruh baya yang berpraktik di San Salvador. Namanya diubah untuk melindungi identitasnya. Dia tidak memiliki kripto apa pun dan tidak menggunakan Chivo, dompet Bitcoin yang didukung pemerintah.

Eksperimen Bitcoin Bukele, katanya, gagal. Menurutnya, satu-satunya tempat orang menggunakan kripto secara rutin adalah di El Zonte, sebuah desa selancar.

Namun dia tidak membenci presiden yang mencoba melakukan hal tersebut. Dibandingkan dengan pertanyaan mendasar yang dihadapi masyarakat Salvador pada pemilu kali ini, kekhawatiran terhadap Bitcoin mungkin tampak aneh.

“Secara politik, Bukele memang terlihat seperti seorang diktator,” kata Ochoa. “Dan jika kita melihat kembali sejarah, masuk akal untuk menganggapnya seperti itu – dia berusaha untuk tetap berkuasa, sesuatu yang telah dilakukan oleh diktator lainnya.”

“Tapi kalau dia tidak bertahan, dikhawatirkan keadaan akan kembali seperti semula,” ujarnya.

3. Memberantas Mafia Narkoba

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters

Melansir DL News, popularitas Bukele yang melonjak sebagian besar berasal dari tindakan kerasnya terhadap faksi kriminal terkenal di negara itu, Mara Salvatrucha 13 dan Barrio 18, yang telah membuat negara ini berada dalam keburukan selama beberapa dekade.

Meskipun terjadi lonjakan kekerasan narkotika yang melanda Ekuador dan menimbulkan trauma mendalam di Meksiko, El Salvador menunjukkan hal yang berbeda.

El Salvador yang pernah dijuluki sebagai “ibukota pembunuhan dunia” kini memiliki tingkat pembunuhan yang setara dengan Kanada, menurut data terbaru pemerintah.

Lebih dari 75.000 orang yang dituduh memiliki hubungan dengan geng telah ditangkap pada tanggal 3 Januari. Undang-undang baru juga meningkatkan pedoman hukuman bagi terpidana anggota geng dari 20 menjadi 45 tahun penjara, bukan tiga menjadi sembilan tahun penjara.

Hasilnya, tingkat pembunuhan di negara tersebut turun 85% antara tahun 2018 dan 2022, menjadi 7,8 pembunuhan per 100.000 penduduk, menurut Statista.

Pemerintah mengklaim jumlahnya turun lagi 70% pada tahun 2023.

Itulah sebabnya Bukele masih sangat populer, meskipun faktanya pemerintahannya telah salah menangkap sedikitnya 7.000 orang, dan menghadapi kritik dari Amnesty International karena melanggar hak asasi manusia.

“Bagi orang-orang yang kini segalanya lebih baik, yang tidak lagi menjadi korban pemerasan, yang tidak lagi diserang – orang-orang ini tidak tertarik apakah yang dilakukan Bukele legal atau tidak,” kata Ochoa, seorang dokter gigi asal Salvador. Berita DL.

“Mereka ingin melihat proses ini berlanjut.”

4. Menggunakan Pendekatan Populis

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters

Namun bagi sebagian orang, konsolidasi kekuasaan yang agresif dari presiden membayangi pencapaian tersebut.

“Retorika populis yang terburu-buru dan upaya berbahaya untuk mengikis institusi negara telah menodai kebangkitan demokrasi Bukele,” tulis organisasi nirlaba Human Rights Foundation pada tahun 2022.

Laporan tersebut mengkritik Bukele karena secara ilegal memecat hakim Mahkamah Agung dan mengupayakan pemilihan kembali meskipun konstitusi negara melarang hal tersebut.

“Memperdebatkan apakah El Salvador merupakan negara demokrasi atau tidak sudah tidak masuk akal lagi,” kata Santiago Cantón, sekretaris jenderal Komisi Ahli Hukum Internasional, mengatakan kepada Salvador El Faro.

“Dewan Legislatif El Salvador telah direduksi menjadi hanya sekedar perintah Cabang Eksekutif, seperti notaris,” katanya. “Dan lembaga yudikatif, pembela utama rakyat, sepenuhnya dikendalikan oleh eksekutif.”

Pengkritiknya juga termasuk Bitcoiner terkemuka seperti Alex Gladstein, penulis “Check Your Financial Privilege.”

“Sungguh membingungkan melihat para Bitcoiner dan yang memproklamirkan diri sebagai 'pemaksimal kebebasan' dengan penuh semangat menyemangati seorang ahli statistik yang menahan puluhan ribu orang secara sewenang-wenang dan menempatkannya di penjaradi atas hukum,” kata Gladstein di media sosial.

Namun demikian, keberhasilan Bukele dalam perang melawan geng memberinya dukungan pemilih. Dan rekam jejaknya yang kurang sempurna dalam hal Bitcoin tidak akan menghalanginya untuk mengejar proyek kripto yang lebih besar di masa jabatan keduanya – seperti Bitcoin City yang menjadi dongengnya.

5. Berasal dari Keluarga Konglomerat

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters

Melansir DL News, Bukele lahir pada tahun 1981 di ibu kota negara, San Salvador. Putra tertua dalam sebuah keluarga besar, ia belajar hukum di Central American University sebelum keluar untuk bekerja di konglomerat bisnis ayahnya yang bernilai jutaan dolar.

Pada tahun 2012, Bukele mendapatkan kursi walikota Nuevo Cuscatlán, sebuah kota kecil dengan perkiraan populasi 8.000 jiwa, terletak tepat di luar ibu kota, San Salvador. Hanya tiga tahun setelah kemenangan ini, dia naik jabatan sebagai walikota San Salvador sendiri.

Masa jabatannya dibentuk oleh inisiatif untuk meningkatkan perekonomian lokal, memperkuat infrastruktur publik, dan meningkatkan akses terhadap pendidikan.

Namun, pada bulan Oktober 2017 ia dikeluarkan dari partainya Frente Farabundo Martí para la Liberación Nacional — biasa disebut FMLN — setelah dituduh menyerang anggota partai lainnya secara fisik.

Diusir membuat Bukele bersaing dengan dua partai politik utama, FMLN dan ARENA, pada pemilu 2019. Kemenangannya merupakan sebuah terobosan, karena ini adalah pertama kalinya seorang kandidat yang tidak berafiliasi dengan partai-partai tersebut menjadi presiden sejak perang saudara di Salvador berakhir pada tahun 1992.

6. Menggunakan Teknologi dalam Politik

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters

Melansir DL News, Bukele dikenal karena ketampanan dan kemahirannya dalam menggunakan teknologi – sifat langka dalam politik.

Ia sering memakai topi baseball terbalik saat acara formal, dipadukan dengan kemeja bergaya santai dan tanpa dasi. Gayanya yang khas tidak hanya mencerminkan citra pribadinya, tetapi juga menandakan terobosan dari norma-norma politik tradisional, sehingga disukai oleh audiens yang lebih muda dan lebih modern.

Seperti Donald Trump atau Javier Milei, dia sering memposting di media sosial dari akunnya sendiri, baik untuk mempromosikan El Salvador, memberi sorakan pada Bitcoin, atau melawan tuduhan bahwa pemerintahannya tidak demokratis.

Bukele ikut-ikutan Bitcoin pada puncak pasar bullish tahun 2021, menggoda dunia kripto dengan masa depan di mana Bitcoin akan digunakan sebagai alat pertukaran di seluruh negara.

“Kadang-kadang Anda harus mengambil keputusan yang berpikiran maju, dan mencoba – bukan untuk meramalkan masa depan, tapi untuk mengetahui ke mana arah dunia ini, dan mencapainya terlebih dahulu, sehingga masyarakat Anda akan mendapatkan manfaat dari hal tersebut,” katanya kepada Peter McCormack, pembawa acara podcast What Bitcoin Did, dua minggu kemudian.

“El Salvador belum diakui sebagai negara yang pertama dalam inovasi. Tapi kenapa kali ini tidak?” Bukele bertanya. “Jika kita bisa menjadi yang terdepan dalam revolusi ekonomi, mengapa tidak mencobanya?”

7. Ingin Mewujudkan Mimpi Bitcoin

Siapakah Nayib Bukele? Presiden El Salvador yang Sukses Berantas Kartel dan Mempopulerkan Kripto

Foto/Reuters

Segera setelah El Salvador meloloskan Undang-undang Bitcoin pada bulan September 2021, Bukele meluncurkan dompet Bitcoin yang didukung pemerintah bernama Chivo, menawarkan setiap warga Salvador $30 dalam bentuk Bitcoin sebagai insentif untuk mendaftar.

ATM Bitcoin juga dijatuhkan di seluruh negeri – saat ini berjumlah 215, menurut Coin ATM Radar.

Langkah-langkah ini memicu harapan bahwa eksperimen Bitcoin di El Zonte – sebuah desa di Salvador di mana penduduk lokal dan usaha kecil menggunakan mata uang kripto untuk transaksi sehari-hari – dapat dilakukan dalam skala nasional.

Di negara yang 64% penduduknya tidak mempunyai rekening bank, hal ini merupakan prospek yang membuka mata.

Pemerintah juga meningkatkan proyek Bitcoin dalam upaya menarik modal dari luar negeri. Bukele telah berjanji untuk menerbitkan obligasi pemerintah senilai $1 miliar yang didukung Bitcoin.

Setengah dari hasil yang disebut Volcano Bond akan digunakan untuk pengembangan infrastruktur Salvador – termasuk penambangan Bitcoin panas bumi – sementara sisanya akan diinvestasikan dalam Bitcoin.

Inisiatif lain memberi pemegang Bitcoin dan Tether jalan menuju kewarganegaraan Salvador melalui investasi USD1 juta di negara tersebut.

Namun, proyek Bukele yang paling ambisius adalah “Kota Bitcoin” – sebuah kota metropolitan melingkar yang futuristik yang ingin ia bangun di kaki gunung berapi Conchagua.

Dibiayai oleh Volcano Bond dan memanfaatkan energi panas bumi, Bitcoin City diharapkan mencakup zona perumahan, kawasan komersial, layanan, museum, tempat hiburan, bar, restoran, bandara, pelabuhan, dan layanan kereta api, Bukele mengumumkan pada November 2021.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)