Trump Sebut Pertemuannya dengan Kim Jong-un Positif

Selasa, 12 Juni 2018 - 12:46 WIB
Trump Sebut Pertemuannya dengan Kim Jong-un Positif
Trump Sebut Pertemuannya dengan Kim Jong-un Positif
A A A
SINGAPURA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pertemuan bersejarah dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un lebih baik dari yang diperkirakan siapa pun. Keduanya akan menandatangani dokumen setelah pembicaraan tentang cara untuk mengakhiri kebuntuan nuklir di Semenanjung Korea.

Jong-un berdiri di samping Trump ketika ia berbicara dengan media selama berjalan-jalan setelah makan siang di taman hotel Singapura tempat pertemuan diadakan. Meski begitu, pemimpin muda Korut itu sebelumnya menggambarkan pertemuan mereka sebagai awal yang baik untuk perdamaian.

Kedua pria itu berjalan ke limusin milik Trump dan melihat ke belakang, dengan Trump menunjukkan kepada Jong-un sesuatu di dalamnya. Mereka kemudian melanjutkan perjalanan.

“Banyak kemajuan - sangat positif. Saya pikir lebih baik dari yang diharapkan siapa pun. Terbaik, sangat bagus. Kami akan pergi untuk penandatanganan," kata Trump kepada para wartawan, tanpa memberikan rincian tentang apa yang akan ditandatangani seperti dilansir dari Reuters, Selasa (12/6/2018).

Kedua pria itu tampak serius ketika mereka keluar dari limusin mereka untuk pertemuan puncak di hotel Capella di Sentosa Singapura, sebuah pulau resor dengan hotel mewah, kasino, pantai buatan manusia dan taman hiburan Universal Studios.

Keduanya menampilkan suasana persahabatan saat mereka bertemu di beranda Hotel Capella.

Setelah berjabat tangan, mereka segera tersenyum dan berpegangan tangan satu sama lain, sebelum Trump membimbing Jong-un ke perpustakaan di mana mereka mengadakan pertemuan hanya dengan penerjemah mereka.

Di dalam, mereka duduk bersama satu sama lain dengan latar belakang bendera Korut dan AS. Jong-un tampak berseri-seri saat presiden AS memberinya acungan jempol.

Setelah pembicaraan awal berlangsung sekitar 40 menit, Trump dan Jong-un muncul, berjalan berdampingan melalui tiang-tiang hotel sebelum memasuki ruang rapat, di mana mereka bergabung dengan pejabat paling seniornya.

Jong-un terdengar mengatakan kepada Trump melalui seorang penerjemah: “Saya pikir seluruh dunia sedang menyaksikan momen ini. Banyak orang di dunia akan menganggap ini sebagai adegan dari fantasi ... film fiksi ilmiah.”

Ditanya oleh reporter bagaimana pertemuan itu berlangsung, Trump berkata: “Sangat bagus. Sangat sangat baik. Hubungan baik."

Jong-un juga terdengar positif tentang prospek pertemuan itu.

"Kami mengatasi semua jenis skeptisisme dan spekulasi tentang pertemuan ini dan saya percaya bahwa ini baik untuk perdamaian," katanya.

"Saya percaya ini adalah awal yang baik untuk perdamaian," katanya.

Trump bergabung dengan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, dan John Kelly, Kepala Staf Gedung Putih, untuk pembicaraan yang diperluas, sementara tim Kim termasuk mantan kepala intelijen militer Kim Yong-chol, Menteri Luar Negeri Ri Yong-ho dan Ri Su-yong, wakil ketua Partai Buruh yang berkuasa.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3444 seconds (0.1#10.140)