6 Fakta Kataib Hizbullah, Kelompok Perjuangan yang Jadi Target Serangan Balasan AS

Sabtu, 03 Februari 2024 - 17:55 WIB
loading...
A A A
AS telah menyerang posisi, pangkalan, dan pusat pelatihan serta logistik Kataib Hizbullah beberapa kali selama bertahun-tahun. Pada 24 Januari, AS menyerang beberapa sasaran di markas Kataib Hizbullah di Jurf Al-Sakhar sekitar 50 kilometer selatan Bagdad sebagai pembalasan atas serangan pesawat tak berawak dan rudal.

6. Bergabung dengan Pasukan Mobilisasi Populer

Banyak anggota Kataib Hizbullah membentuk beberapa batalyon di Pasukan Mobilisasi Populer (PMF) Irak, sebuah kelompok faksi bersenjata yang awalnya dibentuk untuk melawan ISIS pada tahun 2014 yang kemudian diakui sebagai pasukan keamanan resmi.

Para pejuang menerima gaji negara dan anggota Kataib Hizbullah, termasuk beberapa yang ditetapkan sebagai teroris oleh AS, memegang posisi senior di PMF.

Meskipun secara teknis mereka berada di bawah komando perdana menteri Irak sebagai bagian dari PMF, kelompok ini sering beroperasi di luar rantai komando dan menentang pernyataan pemerintah yang menyerukan diakhirinya serangan terhadap pasukan AS.

Meski tidak secara terbuka mengkonfirmasi atau menyangkal kaitan tersebut, kelompok ini secara luas diketahui telah membentuk partai politik untuk pertama kalinya pada pemilu tahun 2021 di Irak, dan memenangkan beberapa kursi di parlemen.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)