Ketua DPR Iran Sebut Israel dan Saudi Sumber Kekacauan

Jum'at, 08 Juni 2018 - 16:37 WIB
Ketua DPR Iran Sebut Israel dan Saudi Sumber Kekacauan
Ketua DPR Iran Sebut Israel dan Saudi Sumber Kekacauan
A A A
TEHERAN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau Parlemen Iran, Ali Larijani, mengatakan keamanan Timur Tengah dapat terancam jika Teheran ditekan lebih lanjut oleh Israel dan Arab Saudi. Dia menyebut kedua negara itu sumber kekacauan di kawasan.

"Israel dan Arab Saudi adalah sumber kekacauan di kawasan ini, segitiga Arab Saudi, Israel, dan Amerika Serikat ingin mengubah kawasan ini menjadi kacau," kata Larijani kepada stasiun televisi pemerintah Iran, Jumat (8/6/2018), yang dilansir Reuters.

"Keamanan wilayah ini akan terancam jika mereka menyudutkan Teheran," lanjut politisi Teheran tersebut.

Komentar itu muncul di saat puluhan ribu warga Iran berdemo untuk menandai hari solidaritas tahunan antara Iran dengan Palestina. Seperti demonstrasi sebelum-sebelumnya, mereka Mereka meneriakkan “Matilah Israel" dan "Matilah Amerika" sembari membakar bendera Israel.

Israel sangat mendukung keputusan Presiden Donald Trump untuk menarik Amerika Serikat keluar dari kesepakatan nuklir internasional tahun 2015 dengan Iran.
Washington telah memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran dan menuntut Teheran melakukan perubahan besar dengan melucuti program nuklirnya. AS juga menuntut Iran menarik diri dari perang sipil Suriah.
Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei pada hari Senin lalu telah memerintahkan persiapan untuk meningkatkan kapasitas pengayaan uranium jika perjanjian nuklir runtuh. Kendati demikian, negara-negara Eropa komitmen ingin mempertahankan perjanjian nuklir tersebut.

“Israel gagal. Klaim menciptakan tatanan regional baru adalah kesalahan yang mereka buat dan itu adalah ilusi. Ini adalah tanggung jawab kita untuk membela Palestina,” imbuh Larijani saat berada di kerumunan massa di Teheran.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3112 seconds (0.1#10.140)