Netanyahu: Assad Tidak Lagi Kebal Jika Sembunyikan Pasukan Iran

Jum'at, 08 Juni 2018 - 02:43 WIB
Netanyahu: Assad Tidak Lagi Kebal Jika Sembunyikan Pasukan Iran
Netanyahu: Assad Tidak Lagi Kebal Jika Sembunyikan Pasukan Iran
A A A
LONDON - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperingatkan Presiden Suriah Bashar al-Assad bahwa ia tidak lagi kebal dari pembalasan. Ia juga menyatakan kesepakatan nuklir Iran telah berakhir setelah Washington membuang perjanjian itu.

Memperhatikan bahwa Israel telah menjauh dari perang saudara yang berlarut-larut di Suriah, di mana Teheran mendukung Assad, Netanyahu mengatakan peningkatan perambahan Iran membutuhkan“kalkulus baru.

“Dia tidak lagi kebal, rejimnya tidak lagi kebal. Jika dia menembaki kami, seperti yang baru saja kami tunjukkan, kami akan menghancurkan pasukannya,” kata pemimpin Israel itu pada acara yang diselenggarakan oleh think tank Pertukaran Kebijakan di London.

Bulan lalu, Israel melancarkan serangan besar-besaran terhadap yang diklaim sebagai sasaran-sasaran Iran di Suriah setelah apa yang dikatakannya serangan rentetan roket yang ditembakkan oleh Iran dari negara itu ke pasukannya di Dataran Tinggi Golan.

Bahkan sebelum itu, Israel telah disalahkan atas serangkaian serangan baru-baru ini di dalam Suriah yang menewaskan orang-orang Iran, meskipun belum mengakui mereka. Serangan itu dilaporkan mengenai aset dan gudang militer Iran.

"Suriah harus memahami bahwa Israel tidak akan mentolerir pemalsuan militer Iran di Suriah terhadap Israel," ujar Netanyahu menambahkan.

"Konsekuensinya tidak hanya untuk pasukan Iran di sana tetapi juga untuk rezim Assad," imbuhnya.

"Saya pikir itu sesuatu yang harus dia pertimbangkan dengan sangat serius," ucapnya seperti dikutip dari The Times of Israel, Jumat (8/6/2018).

Netanyahu melakukan tur Eropa selama tiga hari - mengunjungi Berlin dan Paris awal pekan ini - ditandai oleh perbedaan strategis di Iran, ketika para pemimpinnya berusaha untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir setelah penarikan AS pada bulan Mei.

Ia bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Theresa May, yang menegaskan kembali "komitmen tegas" London untuk kesepakatan itu, menurut Downing Street.

Namun pemimpin Israel itu mengatakan, bobot ekonomi Amerika sudah menabrak perjanjian yang sangat buruk itu.

"Ini adalah kesepakatan yang dilakukan - dalam arti lain dari kata itu," tambahnya, mencatat perusahaan sudah menarik diri dari Iran di bawah ancaman sanksi AS yang merusak.

"Anda harus memilih apakah akan berbisnis dengan Iran, atau tidak melakukan bisnis dengan Amerika Serikat ... itu tidak ada otak dan semua orang memilihnya secara efektif saat kita bicara," cetusnya.

Netanyahu mengatakan dia telah menegaskan kembali ketidaksukaannya pada kesepakatan nuklir 2015, yang menawarkan bantuan sanksi dengan imbalan pembatasan ketat pada kegiatan nuklir Iran.

Namun, fokus pembahasannya di Eropa telah mengurangi kehadiran Iran di Suriah, tambahnya.

"Saya menemukan banyak kesepakatan tentang tujuan itu."

Pada saat yang sama, dia mengkritik tuan rumahnya di Eropa karena pendekatannya yang ketinggalan jaman.

Netanyahu mengatakan ekspansi Iran telah menyebabkan penataan kembali hubungan dengan negara-negara Arab di Timur Tengah yang juga menentang Teheran - sesuatu yang Inggris dan Eropa Barat ternyata tidak dipahami.

"Ada penataan kembali seluruh terjadi di Timur Tengah - mereka semacam terjebak di masa lalu," tambahnya, menampilkan peta dunia dengan sejumlah negara disorot untuk menunjukkan memperluas cakrawala diplomatik Israel.

"Saya pikir ada masalah Eropa Barat dengan mengakui bahwa dunia sedang berubah," katanya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6203 seconds (0.1#10.140)