Siapa George Birnbaum? Konsultan Politik Populisme yang Mengantarkan Orban dan Netanyahu ke Puncak Kekuasaan

Kamis, 01 Februari 2024 - 21:21 WIB
loading...
A A A
“Saya punya masalah dengan yang kedua belah pihak, apakah itu liberalisme progresif dari sayap kiri atau konservatisme isolasionis sayap kanan ekstrim yang ada saat ini."

Mengenai Viktor Orban, katanya, hampir satu dekade telah berlalu sejak terakhir kali mereka berbicara. Dia mengaguminya ketika mereka pertama kali bertemu sebagai "individu yang sangat cerdas secara intelektual, seseorang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang perekonomian, dan bidang kebijakan lainnya... dan itu jarang terjadi".

Kini dia yakin Viktor Orban sudah terlalu lama berkuasa.

Pada bulan Januari 2015, pemimpin Hongaria menyatakan bahwa "setiap migran berpotensi menjadi teroris". Pada Juli 2022, ia mengatakan kepada para pendukungnya bahwa "kami bersedia berbaur satu sama lain, tetapi kami tidak ingin menjadi masyarakat ras campuran".

Puluhan migran memberi isyarat saat mereka berdiri di stasiun utama Kereta Api Timur di Budapest, Hongaria, pada 1 September 2015.

Pesan anti-imigran yang disampaikan Viktor Orban telah menyentuh hati Hongaria – yang mengalami gelombang masuk migran dan pengungsi pada tahun 2015.

George Birnbaum sangat tidak setuju dengan kedua pernyataan tersebut.

5. Tetap Bangga dengan Politik Polarisasi

Para pengkritiknya berargumentasi bahwa ia memicu polarisasi dalam politik - namun apa solusinya?

“Pemimpin terbaik adalah mereka yang mengingatkan kita akan tujuan-tujuan bersama, dan bukan pada perbedaan-perbedaan kita. Ini bukan soal ideologi, ini soal memastikan harapan dan impian masyarakat terwujud,” katanya.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)