AS Sebut Sistem Senjata China di LCS untuk Intimidasi

Sabtu, 02 Juni 2018 - 10:00 WIB
AS Sebut Sistem Senjata China di LCS untuk Intimidasi
AS Sebut Sistem Senjata China di LCS untuk Intimidasi
A A A
SINGAPURA - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Jim Mattis, menyebut penempatan sistem senjata China di pulau buatan Laut China Selatan (LCS) dirancang untuk mengintimidasi dan memaksa orang lain yang berada di kawasan itu. Ia pun mengancam konsekuensi yang lebih besar jika militerisasi terus berlanjut.

Kritik tajam itu disampaikan Mattis dalam forum keamanan internasional di Singapura.

Ia memperingatkan bahwa langkah AS baru-baru ini untuk menolak Cina dari latihan angkatan laut multinasional musim panas adalah tanggapan awal terhadap militerisasi pulau-pulau itu. Dan, sebagai tanggapan atas sebuah pertanyaan, mengatakan bahwa konsekuensi yang jauh lebih besar dapat terjadi di masa depan, jika China tidak menemukan cara untuk bekerja lebih kolaboratif dengan orang lain di wilayah tersebut.

AS, katanya, tetap berkomitmen untuk memastikan transit gratis dan terbuka di wilayah tersebut.

"Meskipun klaim China sebaliknya, penempatan sistem senjata ini terkait langsung dengan penggunaan militer untuk tujuan intimidasi dan pemaksaan," kata Mattis seperti dikutip dari ABC News, Sabtu (2/6/2018).

Ia mengacu pada penyebaran rudal anti-kapal baru-baru ini, rudal permukaan-ke-udara, jammers elektronik dan peralatan lainnya di Kepulauan Spratly, dan pendaratan pesawat pengebom di Woody Island.

Mattis juga menyerang salah satu perselisihan lama antara AS dan China, mengatakan Amerika akan terus menyediakan perlengkapan dan layanan pertahanan ke Taiwan dan menentang segala upaya untuk mengubah status quo. China mengklaim pulau yang memerintah sendiri itu sebagai wilayahnya sendiri untuk dibawa di bawah kendalinya secara paksa jika perlu.

Namun di sisi lain, ia mengatakan AS menyambut baik kerja sama dengan China sedapat mungkin, dan mengumumkan bahwa dia telah menerima undangan Beijing untuk berkunjung.

Komentar pemimpin Pentagon di Dialog tahunan Shangri-La ini terjadi setelah beberapa minggu yang penuh gejolak antara AS dan China.

Minggu lalu AS menarik undangan untuk Beijing guna berpartisipasi dalam latihan yang dikenal sebagai Lingkar Pasifik. China telah berpartisipasi dalam latihan yang dikenal sebagai Rim of the Pacific pada tahun 2014 dan 2016.

Pentagon mengatakan keputusan untuk membatalkan Angkatan Laut Cina dipicu oleh apa yang disebut bukti kuat bahwa Beijing telah mengerahkan sistem persenjataan di pulau-pulau LCS, dan meminta China untuk menghapusnya. China mengatakan pihaknya berada dalam haknya untuk membangun pertahanan di pulau-pulau di LCS yang diyakini sebagai wilayah kedaulatannya.

Pada hari Minggu, dua kapal perang AS berlayar dekat dengan Kepulauan Paracel, yang terletak di utara Spratly, operasi kebebasan navigasi terbaru yang dirancang untuk menantang klaim Beijing. China pun memprotes manuver itu.

Dalam beberapa tahun terakhir, AS telah berusaha untuk menstabilkan hubungan militer dengan Cina, tetapi militerisasi pulau-pulau tersebut telah menjadi titik konflik yang persisten. Banyak negara khawatir bahwa Beijing akan menggunakan konstruksi di pulau-pulau itu untuk memperluas jangkauan militernya dan secara potensial mencoba membatasi navigasi di LCS.

Mattis menegaskan bahwa AS tidak mengharapkan negara-negara untuk memilih antara AS dan China. Ia menambahkan bahwa Beijing harus memiliki suara dalam membentuk kawasan, sementara sekutu memiliki suara dalam membentuk peran China.

"AS akan terus mengejar hubungan yang konstruktif dan berorientasi pada hasil dengan China, kerja sama bila memungkinkan, dan di mana kita harus bersaing dengan penuh semangat," ujarnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4032 seconds (0.1#10.140)