Korut Tembakkan Beberapa Rudal Jelajah Pagi Ini, Usik Korsel

Selasa, 30 Januari 2024 - 12:04 WIB
loading...
Korut Tembakkan Beberapa Rudal Jelajah Pagi Ini, Usik Korsel
Para warga Korea Selatan menonton televisi yang menyiarkan tembakan rudal jelajah Korea Utara pada Selasa (30/1/2024). Foto/REUTERS
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) telah menembakkan beberapa rudal jelajah tak dikenal ke laut lepas pantai baratnya pada Selasa (30/1/2024) pagi.

Manuver rudal yang mengusik Korea Selatan (Korsel) ini merupakan ketiga kalinya dalam waktu kurang dari seminggu.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korsel, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, mengatakan rudal-rudal jelajah Pyongyang ditembakkan sekitar pukul 07.00 pagi.

Menurut JCS, otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat memantau situasi dengan cermat dan menganalisis rincian peluncuran tersebut.



Sebelumnya, pada hari Minggu, militer Korea Utara juga menembakkan beberapa rudal jelajah ke lepas pantai timurnya di tengah meningkatnya ketegangan di semenanjung Korea.

Media pemerintah, KCNA, pada hari Senin mengonfirmasi bahwa militer Pyongyang menguji tembak dua rudal jelajah dari kapal selam yang dinamai "Pulhwasal-3-31”.

Menurut laporan tersebut, uji tembak kedua misil itu diawasi langsung oleh pemimpin Korut Kim Jong-un.

Rudal yang diuji tembak pekan lalu juga merupakan "Pulhwasal-3-31", menurut laporan KCNA, seraya menambahkan bahwa senjata tersebut merupakan rudal strategis, yang biasanya mengacu pada senjata berkemampuan nuklir.

JCS Korea Selatan mengatakan pekan lalu bahwa mereka yakin tembakan Pulhwasal-3-31 adalah untuk menguji peningkatan kemampuan rudal yang ada.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)