Stabilitas Pemerintah Kerap Terguncang, Muncul Isu Peran dan Posisi Raja Malaysia Diperkuat

Senin, 29 Januari 2024 - 15:16 WIB
loading...
A A A
Penggantinya, Sultan Ibrahim, juga menyatakan keinginannya untuk menjadi raja yang lebih aktif.

Lebih blak-blakan dibandingkan penguasa lainnya, Sultan Ibrahim memiliki kepentingan bisnis yang luas mulai dari pertambangan hingga real estat, khususnya di negara bagian asalnya, Johor, di utara Singapura.

Dia mengatakan kepada The Straits Times Singapura pada bulan November bahwa dia berencana untuk menghidupkan kembali proyek jalur kereta api berkecepatan tinggi yang terhenti antara Malaysia dan negara kota tersebut, dengan perbatasan melintasi Forest City – sebuah proyek reklamasi dan pembangunan lahan senilai $100 miliar yang didukung Tiongkok. sultan mempunyai kepentingan.

Dia juga mengusulkan agar perusahaan minyak negara Malaysia, Petronas, dan badan antikorupsinya melapor langsung kepada raja.

Perdana Menteri Anwar meremehkan kekhawatiran atas pernyataan Sultan Ibrahim, dengan mengatakan bahwa semua pendapat dapat didiskusikan tetapi tidak mengabaikan konstitusi federal, media pemerintah melaporkan.

Sebagai raja, Sultan Ibrahim juga berhak memberikan grasi kepada terpidana dan dapat memutuskan permohonan pengampunan kerajaan dari mantan perdana menteri Najib Razak yang dipenjarakan.

Najib saat ini menjalani hukuman 12 tahun penjara setelah dinyatakan bersalah atas korupsi terkait skandal 1MDB bernilai miliaran dolar. Dia secara konsisten membantah melakukan kesalahan dan tetap menjadi tokoh politik populer.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1521 seconds (0.1#10.140)