Siklon Mekunu Terjang Pulau Socotra, 5 Tewas dan 40 Hilang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 01:07 WIB
Siklon Mekunu Terjang Pulau Socotra, 5 Tewas dan 40 Hilang
Siklon Mekunu Terjang Pulau Socotra, 5 Tewas dan 40 Hilang
A A A
SANAA - Lima orang tewas dan setidaknya 40 orang hilang di pulau Yaman, Socotra, Jumat (25/5/2018), ketika Siklon Mekunu menghantam daerah itu dan kemudian menuju ke pantai selatan Semenanjung Arab.

"Lima orang tewas termasuk empat warga Yaman dan satu warga negara India," penduduk dan sumber-sumber medis mengatakan. Sementara mereka yang hilang termasuk orang Yaman, India dan Sudan seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/5/2018).

Yaman mengumumkan keadaan darurat pada Kamis untuk Socotra, yang terletak di antara Yaman selatan dan Tanduk Afrika dan terkenal karena kehidupan hewan dan tumbuhannya yang unik.

Sebagian besar wilayah yang tidak tersentuh oleh perang tiga tahun Yaman itu di bawah kendali pemerintah yang diakui secara internasional di mana presidennya, Abdu Rabbu Mansour Hadi, berada di pengasingan Arab Saudi.

Badai membanjiri desa-desa Socotra dan perahu terbalik, meninggalkan banyak pulau tanpa akses komunikasi.

Otoritas Oman mengatakan mereka memperkirakan topan akan melewati kota Salalah pada Jumat malam. Ketika angin dan hujan mulai menerpa Oman selatan pada siang hari, mereka memperpanjang penutupan bandara kota itu hingga Sabtu.

Mekunu diperkirakan akan melemah menjadi badai tropis sebelum mencapai tenggara Arab Saudi pada hari Sabtu, menurut otoritas meteorologi kerajaan.

Yaman sudah bergulat dengan salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. Perang telah menewaskan lebih dari 10.000 orang, menelantarkan tiga juta orang lainnya, memicu wabah kolera dan mendorong negara miskin itu ke ambang kelaparan, menurut PBB.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4779 seconds (0.1#10.140)