Pertarungan Kekuasaan, Eks Presiden Iran Rouhani Dilarang Ikut Pemilihan Penting

Jum'at, 26 Januari 2024 - 18:45 WIB
loading...
A A A
“Tidak diragukan lagi, kelompok minoritas yang berkuasa secara terang-terangan berusaha mengurangi partisipasi masyarakat dalam pemilu…berniat mendikte nasib rakyat melalui keputusan mereka,” tegas dia.

“Anda bukanlah pemilik revolusi dan negara. Kami sedih dengan kenyataan bahwa revolusi ini disia-siakan seperti ini,” ungkap Rouhani.

Putra Khamenei


Berbicara kepada Middle East Eye tanpa mau disebutkan namanya, orang dalam dari kelompok mapan itu mengatakan bahwa "tanpa keraguan" perintah untuk menolak Rouhani datang langsung dari kantor pemimpin tertinggi, menyoroti upaya Khamenei menjaga pertemuan tersebut tetap berada di lingkarannya sendiri bahkan setelah kematiannya.

“Kisah dan perjuangan adalah mengenai penerus pemimpin, dan putra pemimpin, Mostafa dan Mojtaba, tentu saja merupakan pesaing utama,” ungkap sumber itu.

Seorang mantan pejabat Iran mengatakan kepada MEE bahwa Mojtaba, meskipun pengaruhnya sebelumnya meningkat, kekuasaannya telah berkurang selama beberapa tahun terakhir ketika ayahnya mengetahui beberapa "aktivitasnya", tanpa menjelaskan lebih lanjut apa saja aktivitasnya.

Sumber tersebut mengatakan meskipun Khamenei mungkin tidak tertarik pada putra-putranya untuk menggantikannya, atau untuk “mengubah Republik Islam menjadi suatu monarki”, kedua putranya tetap memiliki sekutu yang kuat.

Persaingan untuk mendapatkan pemimpin tertinggi Iran berikutnya merupakan interaksi kompleks yang melibatkan berbagai tokoh politik, yang masing-masing bersaing mendapatkan pengaruh dan kendali.

Diskualifikasi Rouhani, yang pernah menjadi presiden dua kali, tidak diragukan lagi telah memicu spekulasi mengenai motif di balik tindakan tersebut.

Orang dalam tersebut berpendapat para pemimpin negara khawatir terhadap tokoh-tokoh seperti Rouhani, yang berpotensi menggagalkan rencana mereka ketika momen penting tiba untuk memilih pengganti Khamenei.

Sumber tersebut, yang mengetahui banyak kejadian di balik layar, mengatakan strategi ini mencerminkan upaya-upaya di masa lalu untuk mempengaruhi komposisi Majelis Ahli.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)