Perang Irak Kembali Berkobar, AS Serang Basis Milisi Pro-Iran di Baghdad

Rabu, 24 Januari 2024 - 15:55 WIB
loading...
A A A
Setelah serangan terakhirnya terhadap Kataib Hizbullah, militer AS tidak memberikan rincian mengenai lokasi fasilitas milisi yang menjadi sasaran di Irak.

Serangan hari Sabtu terhadap pangkalan udara Al Asad terjadi setelah serangan pesawat tak berawak AS di Bagdad awal bulan ini yang menewaskan seorang pemimpin milisi pro-Iran.

Pasukan AS di Irak dan Suriah telah diserang puluhan kali oleh militan yang bersekutu dengan Iran sejak perang Israel-Gaza dimulai pada bulan Oktober.

Militer AS dan sekutunya – termasuk Inggris – juga telah melakukan intervensi untuk menghentikan serangan rudal Houthi terhadap pelayaran internasional di Laut Merah.



Washington dan London telah melakukan serangan terhadap Houthi – kelompok pemberontak dukungan Iran yang menguasai sebagian besar wilayah barat Yaman.

Pada hari Rabu, CentCom mengatakan pasukan AS telah melakukan serangan lain terhadap dua rudal anti-kapal Houthi “yang ditujukan ke Laut Merah bagian selatan dan bersiap untuk diluncurkan”.

“Pasukan AS mengidentifikasi rudal-rudal tersebut di wilayah yang dikuasai Houthi di Yaman dan menyimpulkan bahwa rudal-rudal tersebut merupakan ancaman bagi kapal dagang dan kapal Angkatan Laut AS di wilayah tersebut. Pasukan AS kemudian menyerang dan menghancurkan rudal-rudal tersebut untuk membela diri,” tambah CentCom.

Militer Iran telah melakukan sejumlah serangan rudal selama seminggu terakhir terhadap milisi di Suriah, Irak dan Pakistan.

Sabtu lalu, Iran menuduh Israel melakukan serangan udara di ibu kota Suriah, Damaskus, yang menewaskan lima anggota senior pasukan keamanan Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)