Mengapa Iran Membenci Bangsa Kurdi?

Senin, 22 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
A A A
Serangan terbaru, yang menargetkan area tidak jauh dari markas partai politik terkemuka Kurdistan Irak, Partai Demokrat Kurdistan, juga menunjukkan niat IRGC untuk mengancam kepemimpinan Kurdi Irak.

Salih mencatat bahwa, di permukaan, serangan Iran “ditujukan terhadap kepentingan ‘Israel’ dan/atau ‘AS’” namun pada kenyataannya merupakan “pesan kepada Kurdi”.

3. Memiliki Kedekatan dengan Israel dan AS

Mengapa Iran Membenci Bangsa Kurdi?

Foto/Reuters

Kurdi dianggap Iran sebagai bangsa yang memiliki kedekatan dengan Israel dan AS. Mereka menjalankan bisnis minyak dengan Israel dan AS baik di Irak dan Suriah. Selain itu, Kedekatan bangsa Kurdi dengan AS dan Israel dibuktikan karena mereka menjadi alat dan kepentingan kedua negara tersebut, termasuk dalam melawan Iran.

“Iran terus-menerus, meskipun secara keliru, mengaitkan Israel dengan Kurdi,” kata Salih. “Jadi, serangan itu adalah cara untuk mengatakan sesuatu kepada penduduknya bahwa mereka melakukan sesuatu dalam menghadapi serangan Israel di dalam dan di luar Iran di Suriah terhadap komandan IRGC.”

Profesor David Romano, pemegang Thomas G. Strong Chair in Middle East Politics di Missouri State University, juga mengamati bagaimana Iran “berharap untuk menunjukkan kemampuan pencegahan” menyusul serangan Israel dan Amerika terhadap personel dan proksinya di wilayah tersebut tanpa memprovokasi semua pihak keluar perang.

“Menghantam kelompok Kurdi Irak di Erbil, dengan alasan yang hampir pasti salah, yaitu menargetkan ‘pangkalan Mossad’, memungkinkan Iran melakukannya dengan biaya yang kecil,” kata Romano kepada The New Arab.

“Wilayah Kurdistan terlalu lemah untuk berbuat banyak mengenai hal ini, Bagdad tidak akan berbuat banyak mengenai hal ini, dan Amerika Serikat tidak ingin berbuat lebih banyak mengenai hal ini,” katanya. “Serangan tersebut juga menjadi pengingat bagi Wilayah Kurdistan (seolah-olah memerlukannya) bahwa mereka tidak boleh membiarkan Amerika atau Israel menggunakan akses ke wilayah tersebut untuk merugikan Iran.”

Dia menambahkan: “Rezim di Iran juga ingin dapat menunjukkan kepada para pendukungnya bahwa mereka memberikan yang terbaik dalam serangan-serangan ini, namun karena alasan yang jelas, mereka takut secara langsung menargetkan aset-aset Amerika atau Israel.”

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)