Mengapa Iran Membenci Bangsa Kurdi?

Senin, 22 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
Mengapa Iran Membenci Bangsa Kurdi?
Bangsa Kurdi dibenci oleh Iran. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Iran menembakkan 11 rudal balistik ke ibu kota Kurdistan Irak, Erbil, beberapa hari lalu. Itu menunjukkan bagaimana Iran sangat membenci bangsa Kurdi .

Bukan hanya basis militer Kurdi, tetapi juga rumah pengusaha Kurdi yang kaya dan terkenal, Peshraw Dizayee. Serangan itu menewaskan Dizayee, anggota keluarganya, dan sesama pengusaha Karam Mikhail.

Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) yang berkuasa di Iran dengan cepat mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut, dan tanpa dasar mengklaim bahwa mereka menargetkan pangkalan intelijen Israel.

Ini bukan pertama kalinya Iran menembakkan rudal mematikan ke wilayah Kurdistan Irak, jauh dari itu. Namun serangan tersebut adalah pertama kalinya Teheran dengan sengaja dan langsung membunuh warga sipil di Erbil dengan cara yang begitu terang-terangan.

Mengapa Iran Membenci Bangsa Kurdi?

1. Menolak Reunifikasi Bangsa Kurdi

Mengapa Iran Membenci Bangsa Kurdi?

Foto/Reuters

Iran pertama kali menembakkan rudal ke Kurdistan Irak pada bulan September 2018. Selama serangan itu, yang belum pernah terjadi sebelumnya pada saat itu, serangan rudal Fateh-110 Iran meratakan sebuah bangunan tempat dua faksi Partai Demokrat Kurdistan Iran bertemu untuk membahas reunifikasi, menewaskan 18 orang dan melukai diperkirakan 50.

Itu menunjukkan bagaimana Iran sangat tidak suka dengan proses reunifikasi bangsa Kurdi untuk membentuk negara. Bangsa Kurdi yang berada di Irak, Suriah dan Turki ingin bersatu untuk mendirikan negara Kurdi. Aksi itu yang ditentang oleh Iran.

Mohammed A. Salih, Peneliti Senior di Institut Penelitian Kebijakan Luar Negeri, yakin bahwa serangan pada Senin malam itu “sebagian belum pernah terjadi sebelumnya dan sebagian lagi belum pernah terjadi sebelumnya” mengingat beberapa insiden di masa lalu.

“Ini bukan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya karena Iran melancarkan serangan rudal balistik langsung ke Wilayah Kurdistan pada tahun 2020 dan 2022,” kata Salih kepada The New Arab. “Tetapi ini belum pernah terjadi sebelumnya karena secara langsung menimbulkan korban sipil.”

Insiden tahun 2020 yang dirujuk oleh analis tersebut adalah bagian dari pembalasan langsung Iran terhadap pasukan AS di Irak menyusul pembunuhan komandan Pasukan Quds IRGC Qassem Soleimani di Bagdad melalui drone. Teheran menembakkan sebagian besar misilnya ke arah pasukan AS yang ditempatkan di pangkalan udara Irak barat, menyebabkan beberapa di antara mereka mengalami cedera otak traumatis. Mereka juga menembakkan setidaknya satu rudal ke pangkalan pasukan AS di Bandara Internasional Erbil, namun gagal meledak.


2. Menentang Segala Bentuk Aktivitas Politik Bangsa Kurdi

Mengapa Iran Membenci Bangsa Kurdi?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)