Komandan Iran dan Hizbullah Bantu Houthi Lancarkan Serangan ke Kapal AS dan Israel

Sabtu, 20 Januari 2024 - 20:36 WIB
loading...
A A A
Washington dan negara-negara Teluk Arab telah berulang kali menuduh Iran mempersenjatai, melatih dan mendanai kelompok Houthi, yang mengikuti cabang Islam Syiah dan bersekutu dengan Teheran sebagai bagian dari “Poros Perlawanan” yang anti-Barat dan anti-Israel serta Lebanon. Hizbullah dan kelompoknya di Suriah dan Irak.

Meski Iran membantah terlibat langsung dalam serangan di Laut Merah, Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei memuji kelompok Houthi, yang sekte Zaidinya merupakan cabang dari Syiah, dan berharap serangan mereka akan bertahan "sampai kemenangan".

Seorang pemimpin dalam koalisi kelompok pro-Iran membantah ada komandan IRGC atau Hizbullah yang berada di Yaman saat ini. Dia mengatakan tim ahli militer Iran dan Hizbullah telah pergi ke Yaman pada awal perang saudara untuk melatih, memperlengkapi dan membangun kemampuan militer Houthi.

“Mereka datang dan membantu Houthi lalu pergi, sama seperti yang mereka lakukan terhadap Hizbullah dan Hamas,” katanya, seraya menambahkan bahwa kemampuan militer Houthi tidak boleh diremehkan.

Orang tersebut mengatakan bahwa Houthi mengetahui medan dan laut dengan baik dan sudah memiliki sistem untuk menyerang kapal, termasuk peralatan presisi tinggi dari Iran.

Selama tahun-tahun kacau setelah pemberontakan Musim Semi Arab tahun 2011 di Yaman, kelompok Houthi memperketat cengkeraman mereka di bagian utara negara itu dan merebut ibu kota Sanaa pada tahun 2014, mendorong koalisi pimpinan Saudi untuk melakukan intervensi militer beberapa bulan kemudian.

Ketika Hamas menyerang Israel, Iran tidak punya pilihan selain menunjukkan dukungan kepada kelompok Palestina setelah bertahun-tahun melakukan retorika anti-Israel, namun khawatir penggunaan Hizbullah akan memicu pembalasan besar-besaran Israel, kata para analis.

Iryani di Pusat Studi Strategis Sana'a mengatakan perang besar antara Israel dan Hizbullah akan menjadi bencana bagi Lebanon - dan membahayakan masa depan kelompok yang menjadi kelompok terpenting dalam "Poros Perlawanan" Iran.

"Sebaliknya, Houthi berada dalam posisi strategis yang unik untuk memberikan dampak besar dengan mengganggu aktivitas maritim global dengan sedikit usaha," kata Iryani.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)