Komandan Iran dan Hizbullah Bantu Houthi Lancarkan Serangan ke Kapal AS dan Israel

Sabtu, 20 Januari 2024 - 20:36 WIB
loading...
A A A
Serangan mereka telah mempengaruhi pelayaran global antara Asia dan Eropa melalui selat Bab al-Mandab di lepas pantai Yaman. Hal ini telah memicu serangan udara AS dan Inggris terhadap sasaran-sasaran Houthi di negara tersebut, membuka medan konflik baru yang terkait dengan perang di Gaza.

Konflik Gaza juga memicu bentrokan antara Israel dan militan Hizbullah di sepanjang perbatasan Lebanon, serta serangan oleh kelompok-kelompok yang terkait dengan Iran terhadap sasaran-sasaran AS di Irak dan Suriah.

“Garda Revolusi telah membantu Houthi dengan pelatihan militer (menggunakan senjata canggih),” kata orang dalam Iran kepada Reuters. “Sekelompok pejuang Houthi berada di Iran bulan lalu dan dilatih di pangkalan IRGC di Iran tengah untuk mengenal teknologi baru dan penggunaan rudal.”

Orang tersebut mengatakan bahwa para komandan Iran juga telah melakukan perjalanan ke Yaman dan mendirikan pusat komando di ibu kota Sanaa untuk serangan Laut Merah yang dijalankan oleh komandan senior IRGC yang bertanggung jawab atas Yaman.

Sementara itu, serangan di Laut Merah cocok dengan strategi Iran untuk memperluas dan memobilisasi jaringan milisi bersenjata Syiah regional untuk memproyeksikan pengaruhnya dan menunjukkan kemampuannya mengancam keamanan maritim di wilayah tersebut dan sekitarnya.

Teheran ingin menunjukkan bahwa perang di Gaza bisa menimbulkan kerugian besar bagi negara-negara Barat jika terus berlanjut dan bisa menimbulkan konsekuensi bencana di wilayah tersebut jika keadaan semakin memburuk.

“Houthi tidak bertindak secara independen,” kata Abdulaziz al-Sager, direktur lembaga pemikir Pusat Penelitian Teluk. Dia mendasarkan kesimpulannya pada analisis mendalam terhadap kemampuan kelompok tersebut, yang diperkirakan memiliki 20.000 pejuang.

“Houthi, dengan personel, keahlian dan kemampuan mereka tidak begitu maju. Lusinan kapal melintasi Bab al-Mandab setiap hari, Houthi tidak memiliki sarana, sumber daya, pengetahuan atau informasi satelit untuk menemukan target dan serangan spesifik," ujar al-Sager.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih Adrienne Watson juga mengatakan bulan lalu bahwa intelijen taktis yang disediakan Iran sangat penting dalam memungkinkan Houthi menargetkan kapal-kapal.

Menurut dua sumber mantan tentara Yaman, jelas terdapat kehadiran anggota IRGC dan Hizbullah di Yaman. Mereka bertanggung jawab untuk mengawasi operasi militer, melatih dan merakit kembali rudal-rudal yang diselundupkan ke Yaman sebagai bagian yang terpisah, kata kedua orang tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1010 seconds (0.1#10.140)