5 Fakta Menakutkan Penyakit X yang Bisa Memicu Pandemi

Kamis, 18 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
“Tentu saja ada sebagian yang mengatakan hal ini dapat menimbulkan kepanikan. Lebih baik mengantisipasi sesuatu yang mungkin terjadi karena hal itu telah terjadi berkali-kali dalam sejarah kita, dan bersiap menghadapinya”, kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang bergabung dalam panel.

Dia mengatakan bahwa WHO telah mulai menerapkan langkah-langkah untuk mempersiapkan wabah lain. Hal ini mencakup dana pandemi dan “pusat transfer teknologi” di Afrika Selatan yang memungkinkan produksi vaksin secara lokal dan akan membantu mengatasi masalah kesenjangan vaksin di negara-negara berpenghasilan tinggi dan rendah.

Michel Demare, ketua dewan direksi AstraZeneca, mengatakan perusahaannya sedang berupaya melakukan penilaian terhadap sistem kesehatan di seluruh dunia untuk memberikan rekomendasi bagi pengelolaan pandemi.

Preetha Reddy, wakil ketua eksekutif di Rumah Sakit Apollo, merujuk pada perbincangan seputar ketidakadilan di forum G20, dan bahwa penggunaan teknologi untuk menjangkau masyarakat pedesaan di India merupakan fokus utama perencanaan saat ini.

4. Perlu Pemetaan dan Mitigasi yang Tepat

5 Fakta Menakutkan Penyakit X yang Bisa Memicu Pandemi

Foto/Reuters

Hal ini melibatkan kerja sama internasional, termasuk penelitian dan pengembangan, serta pengembangan inisiatif tingkat negara seperti rencana respons tentatif jika terjadi wabah penyakit baru.

Rencana tersebut dapat mencakup pemetaan cara meningkatkan kapasitas rumah sakit, meningkatkan pasokan pengobatan, dan mengadopsi teknologi baru untuk mendukung pekerja medis.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Eropa merekomendasikan penguatan sistem yang sudah ada dibandingkan mengembangkan sistem baru untuk menghadapi pandemi, dan juga mendorong pengujian sistem baru sebelum terjadinya pandemi baru.

Kesiapsiagaan juga mencakup peningkatan pengawasan terhadap penyakit agar dapat dengan cepat mendeteksi patogen baru yang dapat menjadi ancaman serius. Penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata, setidaknya dua virus baru ditemukan setiap tahun.

Langkah-langkah seperti ini juga diharapkan dapat secara signifikan mengurangi biaya yang terkait dengan pandemi ini, jika hal ini terjadi. Meskipun COVID-19 merugikan dunia sekitar USD16 triliun, investasi global sebesar USD124 miliar selama lima tahun dapat membuat dunia lebih siap menghadapi epidemi besar di masa depan, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh organisasi yang didukung oleh Gates Foundation, Resolve to Save Lives.


5. Sudah Muncul pada 2018

5 Fakta Menakutkan Penyakit X yang Bisa Memicu Pandemi

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1976 seconds (0.1#10.140)