'Kebun Rudal' Kebanggan Iran Pernah Diterapkan AS Selama Perang Dingin

Selasa, 11 Agustus 2020 - 16:45 WIB
loading...
Kebun Rudal Kebanggan Iran Pernah Diterapkan AS Selama Perang Dingin
Rudal Iran ditembakkan dari bawah tanah dalam latihan militer yang diberi nama Nabi Agung 14. Foto/Tangkapan layar video YouTube/Ali Javid
A A A
TEHERAN - Replika kapal induk Amerika Serikat (AS) yang ditenggelamkan Iran secara tak sempurna dan sekarang bisa menjadi bahaya bagi kapal-kapal pengiriman di Selat Hormuz telah menarik perhatian dunia selama latihan militer negara itu baru-baru ini.

Namun, latihan tersebut juga menampilkan apa yang kelihatannya merupakan peluncur rudal balistik jarak pendek yang terkubur di bawah tanah, yang oleh seorang pejabat tinggi Iran dibanggakan sebagai " kebun rudal ".

Pada prinsipnya, konsep ini dapat membantu mengurangi kerentanan senjata-senjata Iran terhadap serangan pendahuluan musuh sambil tetap menahannya dan siap diluncurkan. Ide ini, seperti dilaporkan The Drive, Selasa (11/8/2020), pernah dieksplorasi oleh militer AS selama akhir Perang Dingin sebagai cara untuk melindungi rudal balistik antarbenua (ICBM) LGM-118A Peacekeeper yang canggih. Namun, Washington kemudian mengabaikan gagasan itu karena sejumlah alasan.

Video dari latihan militer Teheran, yang dijuluki sebagai manuver Nabi Agung 14, yang berlangsung pada akhir Juli 2020, menunjukkan peluncuran setidaknya dua rudal terpisah dari peluncur yang terkubur di bawah tanah. Para ahli dan pengamat mencatat bahwa salah satu misil yang ditembakkan adalah varian dari Fateh-110, salah satu keluarga rudal balistik jarak pendek paling produktif di Iran.

Misil Fateh-110 mencakup beberapa varian yang memiliki kemampuan pencari anti-radiasi pemburu radar dan kemampuan anti-kapal. Pejabat Iran mengatakan rudal terbaru dalam seri ini memiliki jangkauan maksimum sekitar 186 mil. Misil lainnya yang ditembakkan bisa jadi jenis yang sebelumnya tidak diketahui dengan ukuran keseluruhan yang serupa. (Baca: Bangun Kota Rudal Bawah Tanah, Iran Sebut Mimpi Buruk bagi Musuh )

Ada juga rekaman video peluncur kontainer berbentuk tabung yang menembakkan rudal, yang kemungkinan adalah salah satu rudal balistik jarak pendek Dezful atau pun Zulfiqar. Misil tersebut ditembakkan dari peluncur di atas tanah. Sistem ini juga dapat dimaksudkan untuk digunakan secara operasional setelah dikubur di bawah tanah. Misil Zulfiqar dilaporkan dapat mencapai target hingga hampir 435 mil. Sedangkan misil Dezful dilaporkan dapat mencapai target hingga jarak 620 mil.

"Rudal balistik bawah tanah selama manuver Nabi Agung 14," tulis Amir Ali Hajizadeh, kepala Pasukan Dirgantara Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, dalam sebuah tweet pada 29 Juli, yang kemudian dihapus. "Nama dan deskripsi misil adalah rahasia. #Kebun-rudal," lanjut tweet yang telah dihapus itu sembari menyertakan tanda pagar #Kebun-rudal.

Perlu dicatat bahwa ide "kebun rudal" telah diterapkan di masa lalu di Iran, setidaknya menurut pengamat asing, diterapkan pada fasilitas bawah tanah Iran "James Bond-esque" untuk pembangunan, pemeliharaan, dan peluncuran rudal balistik jarak menengah dan jarak menengah yang lebih besar.

Konsep ini kadang-kadang disebut sebagai "kota rudal", fasilitas yang dibangun di pegunungan dan memiliki lubang di mana personel militer dapat menembakkan rudal dari dalam dengan aman. (Baca juga: Iran Tembakkan Rudal dari Bawah Tanah, Diklaim Pertama di Dunia )

Pada prinsipnya, mengubur peluncur rudal di medan yang lebih datar masuk akal dalam banyak hal. Pertama, ini membantu melindungi rudal di berbagai area, di mana terdapat penutup di atas permukaan tanah yang jauh lebih sedikit. Ini juga berarti bahwa senjata jarak pendek dapat diposisikan sebelumnya tanpa harus memindahkannya ke lokasi depan, dan berpotensi membuatnya diserang atau setidaknya memberi musuh peringatan dini, selama krisis.

Latihan militer Nabi Agung 14 juga menampilkan rudal balistik jarak pendek pada peluncur tradisional yang dipasang pada truk yang akan lebih rentan terhadap deteksi dan serangan musuh selama konflik yang sebenarnya.

Hanya dibutuhkan jumlah personel yang relatif terbatas untuk mengawasi sebagian besar "kebun rudal" semacam itu, dengan bungker komando terletak agak jauh dari lokasi peluncuran. Pada saat yang sama, ini akan semakin meningkatkan jumlah target yang harus ditemukan lawan dan kemudian menyerang untuk menetralkan ancaman.

Konsep ini akan menawarkan metode biaya yang jauh lebih rendah untuk mencapai semua ini dibandingkan dengan silo tradisional.

Militer AS secara aktif mempertimbangkan dan benar-benar bereksperimen dengan menjalankan konsep "kebun rudal" ini selama pengembangan ICBM MX, yang akhirnya menjadi misil LGM-118A Peacekeeper, selama tahun 1970-an dan 1980-an. Beberapa jenis parit yang terkubur, termasuk konsep di mana kendaraan peluncur berawak atau tak berawak akan bergerak secara teratur untuk membuat lawan lebih sulit untuk menargetkan rudal. Jika perintah serangan datang, peluncur akan menerobos bagian atas parit untuk menembakkan rudal mereka.

Militer AS mempertimbangkan sejumlah opsi pangkalan baru lainnya untuk MX. Pada akhirnya, Angkatan Udara AS menurunkan LGM-118A Peacekeeper dalam silo tradisional mulai tahun 1986. Karena berbagai faktor, layanan tersebut menghentikan rudal tersebut sepenuhnya pada tahun 2005.

Banyak faktor negatif yang membuat militer AS memutuskan untuk tidak menggunakan opsi parit, serta konsep silo alternatif tertentu lainnya, karena misil Peacekeeper masih berlaku untuk Iran 30 tahun kemudian. Mengubur peluncur dapat mempersulit pemeriksaan senjata dan menyervisnya, meningkatkan kemungkinan bahwa mereka mungkin tidak berfungsi dengan baik saat dibutuhkan.

Peluncur juga masih harus cukup dekat ke permukaan untuk dapat menembakkan rudal secara efektif, yang mungkin membatasi jumlah perlindungan sebenarnya yang mereka tawarkan. Ini adalah salah satu alasan mengapa proposal AS melibatkan peluncur seluler di parit panjang yang saling terhubung untuk membuat lawan sulit mengetahui dengan pasti di mana senjata sebenarnya pada satu waktu.

Bahkan pada 1980-an, ada juga kekhawatiran bahwa teknologi sensor, atau pencari senjata yang masuk, akan meningkat ke titik di mana rudal yang terkubur masih rentan. Satelit pencitraan berbasis ruang angkasa komersial diketahui mampu mendeteksi objek terkubur besar dan orang akan membayangkan bahwa kemampuan pemerintah AS dalam hal ini bahkan lebih maju.

Sulit untuk melihat bagaimana Iran dapat mengubur sejumlah besar peluncur rudal tanpa aktivitas konstruksi yang terlihat oleh satelit mata-mata Amerika. Tergantung di mana Iran dapat memposisikan " kebun rudal "-nya, mereka bisa berada dalam jangkauan kemampuan pencitraan yang terus meningkat dari pesawat berawak dan tak berawak.

Sifat terdistribusi dari bidang rudal yang terkubur ini masih dapat menghadirkan situasi penargetan yang kompleks bagi lawan yang mungkin berjuang untuk menetralkan banyak rudal dengan cepat dalam fase pembukaan konflik. Pada saat yang sama, setelah rudal ditembakkan, lokasi peluncuran bawah tanah akan terbuka sepenuhnya dan tidak ada kemungkinan untuk merelokasi peluncur itu sendiri dengan cepat, tidak seperti peluncur pengangkut seluler.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)