Pekan Depan, Tim PBB Kunjungi Rakhine Myanmar

Kamis, 26 April 2018 - 06:43 WIB
Pekan Depan, Tim PBB Kunjungi Rakhine Myanmar
Pekan Depan, Tim PBB Kunjungi Rakhine Myanmar
A A A
NAYPYIDAW - Delegasi Dewan Keamanan PBB yang ingin melihat langsung dampak krisis pengungsi Rohingya akan tiba di Myanmar pada hari Senin pekan depan. Mereka juga akan mengunjungi negara bagian Rakhine, kata seorang pejabat senior pemerintah Myanmar.

Ini akan menjadi kunjungan pejabat PBB dengan profil tertinggi ke Rakhine sejak awal Agustus pasca tindakan keras militer terhadap minoritas Muslim Rohingya. Tindakan keras itu telah mendorong sekitar 700.000 orang Rohingya ke Bangladesh. PBB dan AS menggambarkan tindakan tersebut sebagai pembersihan etnis.

Myanmar yang mayoritas beragama Budha membantah tuduhan itu tetapi telah sangat membatasi akses ke zona konflik, menghalangi tim pencari fakta PBB dan seorang utusan Dewan HAM PBB masuk ke negara itu.

Setelah Dewan Keamanan pertama kali mengajukan kunjungan pada bulan Februari, pemerintah Myanmar mengatakan itu "bukan waktu yang tepat" tetapi memberi persetujuan awal bulan ini untuk kunjungan oleh duta 15 negara anggota dewan.

"Mereka akan datang ke Naypyidaw pada tanggal 30 (April) dan akan melanjutkan ke Rakhine keesokan harinya," kata seorang pejabat senior Myanmar yang mengetahui perjalanan tersebut, tanpa memberikan rincian lebih lanjut seperti dikutip dari Al Arabiya, Kamis (26/4/2018).

Kampanye militer bumi hangus yang dilakukan oleh tentara menyebabkan ratusan desa Rohingya rata dengan tanah, sementara para pengungsi telah memberikan kesaksian yang konsisten tentang pembunuhan dan pemerkosaan.

Militer Myanmar menolak tuduhan itu dan menegaskan kesaksian itu adalah kampanye militer tersebut dibenarkan untuk membasmi anggota-anggota Arakan Rohingya Salvation Army, yang membunuh sekitar selusin anggota pasukan keamanan dalam serangan terhadap pos-pos polisi pada Agustus lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5260 seconds (0.1#10.140)