Iran: Dukungan AS ke Israel Jadi Akar Permasalahan di Timur Tengah

Rabu, 17 Januari 2024 - 14:48 WIB
loading...
Iran: Dukungan AS ke Israel Jadi Akar Permasalahan di Timur Tengah
Tentara Israel yang didukung AS menjadi biang kerok permasalahan di Timur Tengah. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian memperingatkan para pemimpin Amerika Serikat (AS) untuk tidak “mengikat nasib mereka” kepada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu seiring dengan berlanjutnya perang berdarah Israel di Gaza.

“Kerja sama penuh antara Biden dan Gedung Putih dengan preman seperti Netanyahu di Israel adalah akar ketidakamanan di kawasan ini,” kata Amirabdollahian kepada CNBC di Forum Ekonomi Dunia di Davos.

“AS seharusnya tidak melakukannya, [Joe] Biden tidak boleh mengaitkan nasib mereka dengan nasib Netanyahu.”

Amirabdollahian juga meremehkan dugaan dukungan Iran terhadap serangan pemberontak Houthi Yaman di rute pelayaran Laut Merah sebagai tanggapan terhadap invasi Israel ke Gaza.

“Rakyat Yaman dan negara-negara lain di kawasan yang membela rakyat Palestina bertindak berdasarkan pengalaman mereka sendiri dan kepentingan mereka sendiri, dan mereka tidak menerima perintah atau instruksi apa pun dari kami,” katanya.

Sementara itu, Nippon Yusen, perusahaan pelayaran yang mengoperasikan kapal Galaxy Leader yang disita oleh Houthi Yaman pada 19 November, telah mengumumkan akan menghentikan operasi di Laut Merah.



Seorang juru bicara perusahaan Jepang – juga dikenal sebagai NYK Line – mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa mereka bergabung dengan perusahaan lain dalam menghentikan operasi di wilayah tersebut untuk “menjamin keselamatan kru”.

Juru bicara tersebut juga mengatakan perusahaan “khawatir tentang” nasib 25 anggota awak Galaxy Leader, namun “tidak menerima informasi”.

Pada bulan Desember, Galaxy Maritime Ltd, yang merupakan salah satu pemilik kapal tersebut, mengatakan bahwa para awak kapal – yang berasal dari negara-negara termasuk Bulgaria, Meksiko, Filipina, Rumania, dan Ukraina – telah diizinkan melakukan kontak “sederhana” dengan keluarga mereka oleh Houthi.

Rincian kepemilikan dalam database pelayaran publik juga mengaitkan pemilik kapal dengan Ray Car Carriers, yang didirikan oleh Abraham “Rami” Ungar, yang dikenal sebagai salah satu orang terkaya di Israel.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)