Rudal Iran Gempur Provinsi Balochistan, Pakistan Murka

Rabu, 17 Januari 2024 - 10:23 WIB
loading...
Rudal Iran Gempur Provinsi Balochistan, Pakistan Murka
Rudal diluncurkan selama latihan bersama yang disebut Nabi Agung 17, di barat daya Iran, dalam gambar yang diperoleh pada 22 Desember 2021. Foto/IRGC/WANA/REUTERS
A A A
ISLAMABAD - Pemerintah Pakistan mengutuk dugaan serangan rudal Iran di provinsi Balochistan pada Selasa (16/1/2024) yang diklaim menyebabkan korban sipil.

Islamabad mengatakan akan mengajukan protes ke Teheran atas “tindakan sepihak” dan pelanggaran kedaulatannya.

Beberapa portal berita Iran melaporkan pada Selasa malam bahwa rudal dan drone diluncurkan ke markas besar Jaish al-Adl, kelompok yang dituduh Teheran atas serangan yang menewaskan selusin polisi Iran pada bulan Desember.

Namun belum ada pernyataan resmi dari Iran mengenai operasi tersebut.

“Pakistan mengutuk keras pelanggaran wilayah udaranya yang tidak beralasan oleh Iran dan serangan di dalam wilayah Pakistan yang mengakibatkan kematian dua anak tak berdosa dan melukai tiga anak perempuan,” papar Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Pakistan di Islamabad.

Kemlu menambahkan, “Pelanggaran kedaulatan Pakistan adalah benar-benar tidak dapat diterima dan dapat menimbulkan konsekuensi yang serius.”

“Terorisme merupakan ancaman bagi semua negara di kawasan dan memerlukan tindakan terkoordinasi dibandingkan tindakan sepihak yang tidak sejalan dengan hubungan bertetangga yang baik dan dapat secara serius merusak kepercayaan bilateral,” tegas Kemlu Pakistan.



Kuasa Usaha Iran telah dipanggil untuk menerima surat protes mengenai “pelanggaran terang-terangan” terhadap kedaulatan Pakistan, sementara surat perintah demarkasi yang sesuai juga telah dikirim ke Teheran, menurut Kementerian Luar Negeri Pakistan.

Serangkaian ledakan dilaporkan pada Selasa malam di Panjgur, kota di provinsi Baluchistan, Pakistan, dekat perbatasan Iran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)