Ikuti Langkah Jerman, Italia Ogah Ikut Bombardir Suriah

Jum'at, 13 April 2018 - 00:30 WIB
Ikuti Langkah Jerman, Italia Ogah Ikut Bombardir Suriah
Ikuti Langkah Jerman, Italia Ogah Ikut Bombardir Suriah
A A A
ROMA - Italia tidak akan mengambil perang langsung dalam serangan militer Barat terhadap pemerintah Suriah. Meski begitu, Italia akan tetap memberikan dukungan logistik kepada sekutu-sekutunya.

Demikian pernyataan yang dikeluarkan kantor Perdana Menteri Italia seperti dilansir dari Reuters, Jumat (13/4/2018).

Menurut pernyataan itu, Perdana Menteri sementara Italia Paolo Gentiloni telah melakukan sejumlah kontak internasional termasuk dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.

"Italia tidak akan berpartisipasi dalam aksi militer Suriah," kata Gentiloni kepada para sekutunya menurut pernyataan itu.

"Berdasarkan perjanjian internasional dan bilateral saat ini, Italia akan terus menawarkan dukungan logistik kepada pasukan sekutu," imbuh pernyataan itu.

Sebelumnya, Jerman mengatakan bahwa pihaknya tidak akan bergabung dengan serangan apa pun terhadap Suriah. Aksi militer ini sebagai tanggapan atas dugaan serangan gas beracun terhadap daerah kantong oposisi yang diduga dilakukan oleh pasukan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Setelah memperingatkan Rusia pada Rabu akan adanya aksi militer segera di Suriah, Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Kamis bahwa kemungkinan serangan militer terhadap Suriah bisa segera atau bisa lambat.

Rusia telah memperingatkan Barat untuk tidak menyerang sekutu Suriahnya, Presiden Bashar al-Assad, yang juga didukung oleh Iran. Rusia juga mengatakan tidak ada bukti adanya serangan kimia di kota Suriah Douma dekat Damaskus.

Ketegangan meningkat setelah diduga terjadi serangan menggunakan senjata kimia di Douma, Ghouta timur, Suriah. Douma adalah daerah kantong terakhir kelompok pejuang Suriah di Ghouta timur.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4716 seconds (0.1#10.140)