DeSantis dan Haley Bersaing untuk Menjadi Capres Alternatif Partai Republik

Kamis, 11 Januari 2024 - 15:54 WIB
loading...
A A A
“Saya setuju dengan banyak kebijakannya, tapi cara dia bukanlah cara saya,” kata Haley. "Saya tidak punya dendam, saya tidak punya dendam, saya tidak tersinggung."



DeSantis menyebutkan beberapa contoh janji kampanye yang menurutnya tidak ditepati Trump: meminta Meksiko membayar tembok perbatasan di selatan, mengurangi korupsi di Washington, dan menurunkan utang federal. Dia juga menyalahkan Trump karena tidak mendeportasi lebih banyak migran yang melintasi perbatasan secara ilegal.

Belakangan, Haley mengkritik Trump karena menyebut tanggal 6 Januari 2021 - ketika massa pro-Trump menyerbu Gedung Capitol AS - sebagai "hari yang indah" dan mengatakan dengan tegas bahwa ia kalah dalam pemilu tahun 2020, meskipun ia terus menerus melakukan klaim palsu mengenai penipuan pemilih.

DeSantis lebih bersemangat dan menyampaikan kritik yang lebih tajam dibandingkan debat sebelumnya, mungkin lebih nyaman dengan hanya satu pesaing di atas panggung setelah kandidat lain gagal lolos ke acara hari Rabu.

Dia berusaha mengubah kebijakan luar negeri Haley menjadi kelemahan, dengan alasan bahwa Haley pada dasarnya mendukung membanjirnya bantuan tanpa batas ke Ukraina.

“Orang-orang seperti Nikki Haley lebih peduli terhadap perbatasan Ukraina dibandingkan perbatasan selatan kita, dan itu adalah hal yang salah,” kata DeSantis, seraya menambahkan bahwa AS perlu “menemukan cara untuk mengakhiri” perang.

Haley memberikan jawaban panjang lebar tentang mengapa membantu Ukraina mengusir invasi Rusia pada akhirnya memperkuat keamanan nasional AS dengan mencegah konflik militer yang lebih luas. Dia mengatakan bahwa pilihan yang menyatakan bahwa AS harus memilih antara membantu Ukraina dan Israel atau mengamankan perbatasannya adalah pilihan yang salah.

DeSantis, yang pernah dianggap sebagai penantang utama Trump, mengalami kesulitan dalam kampanyenya di tengah pertikaian, sementara Haley terus meningkat dalam jajak pendapat.

Haley menusuk DeSantis mengenai pencalonannya, menanyakan bagaimana dia bermaksud menjalankan negara ketika dia tidak bisa mengelola kampanye presiden dengan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)