Israel Diseret ke ICJ atas Genosida Gaza, Ini Daftar Negara Pendukung dan Penentang Gugatan

Kamis, 11 Januari 2024 - 08:39 WIB
loading...
A A A

7. Venezuela

Bergabung dengan Bolivia, Venezuela mengumumkan bahwa mereka juga akan mendukung kasus genosida yang diajukan Afrika Selatan terhadap Israel di ICJ.

Sebuah pernyataan pemerintah yang dikeluarkan pada hari Selasa mengatakan bahwa negara tersebut mengakui langkah tegas dan bersejarah Afrika Selatan dalam membela rakyat Palestina dan hukum internasional.

8. Maladewa


9. Namibia


10. Pakistan

Ketiga negara tersebut masing-masing telah menyatakan dukungan mereka terhadap kasus genosida terhadap Israel yang diajukan oleh Afrika Selatan di ICJ. Dukungan mereka telah disampaikan dalam pidato di sidang Majelis Umum PBB pada hari Selasa.

“Namibia mengidentifikasi dan menyelaraskan dengan argumen yang diajukan oleh Afrika Selatan,” kata diplomat Namibia Neville Gertze.

11. Belgia


Wakil Perdana Menteri Belgia Petra De Sutter mengeluarkan pernyataan di X, mengumumkan rencananya untuk mengusulkan dukungan kasus ICJ kepada pemerintah Belgia.

“Belgia tidak bisa berdiam diri dan menyaksikan penderitaan manusia yang luar biasa di Gaza. Kita harus bertindak melawan ancaman genosida,” tulis De Sutter di platform media sosial tersebut.

“Saya ingin Belgia mengambil tindakan di Mahkamah Internasional, mengikuti jejak Afrika Selatan.”

Negara Penentang Gugatan Genosida Terhadap Israel

1. Amerika Serikat (AS)

AS, yang telah memberikan dukungan militer dan diplomatik kepada Israel dalam perangnya melawan Hamas di Gaza, telah menampik tuduhan bahwa Israel melakukan genosida.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengecam pengajuan kasus genosida tersebut."Itu tidak pantas, kontraproduktif, dan sama sekali tidak berdasar," katanya dalam konferensi pers di Gedung Putih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)