Negara-negara BRICS yang Pernah Bermusuhan, Ada Satu Anggota yang Paling Bermasalah

Rabu, 03 Januari 2024 - 13:41 WIB
loading...
A A A
Dilansir dari Atlantic Council, kedua negara itu mempunyai gagasan yang sangat berbeda tentang bagaimana kelompok ini harus bergerak maju, seperti yang ditunjukkan oleh ketidaksepakatan India dengan dorongan China untuk memperluas keanggotaan organisasi tersebut dengan cepat menjelang pertemuan puncak BRICS pada 22-24 Agustus di Johannesburg, Afrika Selatan.

2. China dan Rusia


Bisa dibilang jika ikatan antara Rusia dan China beberapa dekade ke belakang memang tengah menguat. Namun rupanya kedua negara ini sempat berkonflik pada tahun 1960-an.

Kedua negara ini sempat bersaing untuk mendapatkan pengaruh di Asia Tengah. Kala itu China sempat berkontribusi banyak di negara-negara Asia Tengah dengan membangun rel kereta api.

Namun pembangunan tersebut justru membuat Rusia menganggap China akan mengambil alih wilayah tersebut dengan memasukkan ideologinya secara tidak langsung. Kremlin menganggap wilayah tersebut adalah bagian dari mereka.

Namun saat ini konflik tersebut telah terselesaikan, dan bahkan kedua negara ini seakan membangun ikatan yang kuat dengan saling memberi keuntungan satu sama lain.

Itulah negara BRICS yang pernah bermusuhan, jika dilihat dari konflik yang pernah terjadi bisa dibilang antara India dan China sampai saat ini memang masih belum terselesaikan secara tuntas.

(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0967 seconds (0.1#10.140)