5 Senjata Kontroversial yang Digunakan Israel Membunuh Warga Palestina Sepanjang 2023

Minggu, 31 Desember 2023 - 12:58 WIB
loading...
A A A
Ahmed Mokhallalati mengatakan ini bukan luka bakar fosfor, “tetapi kombinasi dari semacam gelombang bom pembakar dan komponen lainnya”, memperkuat klaim bahwa Israel juga menggunakan perang untuk menguji senjata yang tidak diketahui.

Namun yang membuat fosfor putih lebih berbahaya, kata Nada Majdalani, direktur EcoPeace Timur Tengah yang berbasis di Ramallah, adalah adanya hujan di udara.

“Saat Gaza memasuki musim hujan, kami memperkirakan hujan akan turun sebagai hujan asam, terkontaminasi fosfor putih,” kata Majdalani. Orang-orang yang menggunakan lembaran plastik untuk menampung air hujan untuk diminum secara langsung, di tengah kekurangan air minum, bisa sangat berisiko, katanya.

5. Kelaparan

5 Senjata Kontroversial yang Digunakan Israel Membunuh Warga Palestina Sepanjang 2023

Foto/Reuters

Bulan ini, HRW mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Israel dengan sengaja merampas akses warga Palestina terhadap makanan, air, dan kebutuhan dasar lainnya.

Berdasarkan hukum humaniter internasional, menciptakan situasi kelaparan dengan tujuan menyerang penduduk sipil merupakan kejahatan perang.

Omar Shakir, direktur Israel dan Palestina di HRW, mengatakan: “Israel telah merampas makanan dan air bagi penduduk Gaza, sebuah kebijakan yang didorong atau didukung oleh pejabat tinggi Israel dan mencerminkan niat untuk membuat warga sipil kelaparan sebagai metode peperangan.

“Para pemimpin dunia harus bersuara melawan kejahatan perang yang menjijikkan ini, yang berdampak buruk pada penduduk Gaza,” tambahnya.

Hanya sebulan setelah perang dimulai, semua toko roti di Gaza utara ditutup karena kekurangan pasokan seperti tepung dan bahan bakar, PBB melaporkan pada 8 November.

Pada awal Februari, jika perang terus berlanjut, Gaza bisa menghadapi kelaparan, menurut laporan Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (IPC), sebuah badan yang mengukur risiko kelaparan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1286 seconds (0.1#10.140)