Negara Bagian Maine Mendiskualifikasi Trump dari Pemungutan Suara Pendahuluan

Jum'at, 29 Desember 2023 - 15:27 WIB
loading...
Negara Bagian Maine Mendiskualifikasi Trump dari Pemungutan Suara Pendahuluan
Donald Trump memiliki banyak skandal hukum yang mengganggunya pada pemilu presiden 2024. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Negara bagian Maine di Amerika Serikat mendiskualifikasi Donald Trump dari pemungutan suara di negara bagian pada pemilihan pendahuluan presiden AS tahun depan. Maine menjadi negara bagian kedua yang melarang mantan presiden tersebut atas perannya dalam serangan terhadap gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021.

Menteri Negara Bagian Maine Shenna Bellows, seorang Demokrat, menyimpulkan bahwa Trump, calon terdepan dalam nominasi presiden dari Partai Republik, menghasut pemberontakan ketika dia menyebarkan klaim palsu tentang penipuan pemilih pada pemilu 2020 dan kemudian mendesak para pendukungnya untuk berbaris di Capitol untuk melakukan demonstrasi.

“Konstitusi AS tidak menoleransi serangan terhadap fondasi pemerintahan kita,” tulis Bellows dalam putusan setebal 34 halaman, dilansir Reuters.

Keputusan tersebut dapat diajukan banding ke Pengadilan Tinggi negara bagian, dan Bellows menangguhkan keputusannya sampai pengadilan memutuskan masalah tersebut.

Tim kampanye Trump mengatakan akan segera mengajukan keberatan terhadap keputusan yang "mengerikan" tersebut.



Pengacara Trump membantah bahwa Trump terlibat dalam pemberontakan dan berpendapat bahwa pernyataannya kepada para pendukungnya pada hari kerusuhan tahun 2021 dilindungi oleh hak kebebasan berpendapat.

Keputusan tersebut diambil setelah sekelompok mantan anggota parlemen Maine mengatakan bahwa Trump harus didiskualifikasi berdasarkan ketentuan Konstitusi AS yang melarang orang memegang jabatan jika mereka terlibat dalam “pemberontakan atau pemberontakan” setelah sebelumnya bersumpah kepada Amerika Serikat.

Mantan anggota parlemen – Kimberley Rosen, Thomas Saviello dan Ethan Strimling – mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Bellows “berdiri di sisi demokrasi dan konstitusi kita dalam keputusannya untuk melarang mantan Presiden Donald Trump memberikan suara di Maine.”

Rosen dan Saviello keduanya adalah mantan senator negara bagian dari Partai Republik. Strimling adalah mantan senator negara bagian Demokrat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)