Negara Bagian Maine Mendiskualifikasi Trump dari Pemungutan Suara Pendahuluan

Jum'at, 29 Desember 2023 - 15:27 WIB
loading...
A A A
Keputusan tersebut hanya berlaku pada pemilihan pendahuluan di Maine pada bulan Maret, namun hal ini dapat mempengaruhi status Trump pada pemilihan umum bulan November. Keputusan tersebut kemungkinan besar akan menambah tekanan pada Mahkamah Agung AS untuk menyelesaikan pertanyaan mengenai kelayakan Trump secara nasional berdasarkan ketentuan konstitusi yang dikenal sebagai Bagian 3 dari Amandemen ke-14.

Mayoritas konservatif 6-3 di pengadilan mencakup tiga hakim yang dicalonkan oleh Trump.

Trump telah didakwa baik dalam kasus federal maupun di Georgia atas perannya dalam upaya membatalkan pemilu tahun 2020, namun dia belum didakwa melakukan pemberontakan terkait serangan 6 Januari. Dia memimpin jajak pendapat dengan selisih besar dalam perebutan nominasi Partai Republik.

Pengadilan tinggi Colorado mendiskualifikasi Trump dari pemilihan pendahuluan negara bagian pada 19 Desember, menjadikannya kandidat pertama dalam sejarah AS yang dianggap tidak memenuhi syarat untuk menjadi presiden karena terlibat dalam pemberontakan.

Trump telah berjanji untuk mengajukan banding atas keputusan Colorado ke Mahkamah Agung dan mengkritik gugatan pemungutan suara sebagai hal yang “tidak demokratis.” Partai Republik Colorado mengajukan bandingnya ke Mahkamah Agung pada hari Rabu.

Upaya serupa untuk mendiskualifikasi Trump di negara bagian lain telah ditolak. Pengadilan tinggi di Michigan, negara bagian yang menjadi medan pertempuran penting dalam pemilihan umum, pada Rabu menolak mendengarkan kasus yang berupaya mendiskualifikasi Trump dari pemilihan pendahuluan presiden di negara bagian tersebut.

Maine dinilai cenderung Demokrat oleh para peramal pemilu non-partisan, yang berarti bahwa Presiden Joe Biden diperkirakan akan memenangkan negara bagian tersebut. Namun Trump memperoleh satu suara elektoral dari Maine pada pemilu tahun 2016 dan 2020 karena pengaturan yang tidak biasa yang memungkinkan negara bagian tersebut membagi empat suara Electoral College miliknya.

Kandidat harus memenangkan 270 suara Electoral College untuk memenangkan kursi presiden.

Kelompok advokasi dan beberapa pemilih anti-Trump telah menentang pencalonan Trump di beberapa negara bagian berdasarkan Pasal 3 Amandemen ke-14, yang disahkan setelah Perang Saudara AS untuk mencegah mantan sekutunya menjabat di pemerintahan.

Berbeda dengan negara bagian lain, Bellows, yang mengawasi pemilu di Maine, diharuskan membuat keputusan awal tentang diskualifikasi sebelum dipertimbangkan oleh pengadilan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)