Suara dari Bawah Puing Gaza: Teriak, Pingsan, Sadar, Teriak, Pingsan Lagi

Kamis, 21 Desember 2023 - 22:01 WIB
loading...
Suara dari Bawah Puing Gaza: Teriak, Pingsan, Sadar, Teriak, Pingsan Lagi
Warga Palestina mencari korban serangan Israel di bawah reruntuhan puing di Rafah, Jalur Gaza, 20 Desember 2023. Foto/AP
A A A
JALUR GAZA - “Mereka akan terbangun, berteriak ketakutan yang ekstrim, kehilangan kesadaran, sadar kembali, berteriak lagi, dan kemudian kehilangan kesadaran lagi.”

Dalam upaya mengungkap suara rakyat Palestina di Gaza, Palestine Chronicle mencatat kesaksian Yasin Al-Assar.

Al-Assar menggambarkan tragedi yang dialami keluarganya ketika rumah mereka dibom tentara Israel di kamp pengungsi Nuseirat di Gaza tengah.

“Rumah lima lantai kami menjadi sasaran dan dibombardir pasukan pendudukan. Saya sedang duduk bersama keluarga saya, termasuk mertua saya dan anak-anak mereka. Putri saya Shaima, pengantin wanita, dan suaminya juga datang berkunjung. Dalam beberapa saat, pendudukan membunuh semua orang. Saya selamat bersama putri saya Maria, dan putra saya Ahmed dan Mohammed,” ujar dia.

Dia menjelaskan, “Sejak awal agresi Israel, kami telah melalui semua tahapan perang. Kami telah kehilangan banyak orang yang kita kasihi, kami telah mengalami pengepungan, perang, dan pemboman. Kami belum bisa tidur karena intensitas penembakan Israel.”

“Saya mencoba melindungi keluarga saya, namun pendudukan memisahkan kami. Seperti semua ayah di Gaza, yang saya inginkan hanyalah melindungi keluarga saya. Saya melakukan semua yang saya bisa semampu saya untuk menafkahi mereka meskipun terjadi penembakan yang hebat. Saya mencoba melindungi mereka dari pemboman, namun rudal pendudukan memisahkan kami. Saya telah kehilangan banyak hal dalam pemboman itu,” papar dia.



“Saya sedang menyajikan kopi untuk semua orang di rumah, duduk di antara mereka. Tiba-tiba, kami dibom, dan semua orang di rumah mulai mengucapkan Syahadat. Suara tangisan dan jeritan anak-anak memenuhi udara. Kegelapan dan rasa sakit merajalela di mana-mana,” ungkap dia.

Dia menjelaskan, “Tubuh saya terperangkap di bawah reruntuhan, dan saya terkurung di sana selama lebih dari satu setengah jam, tersedak oleh bubuk mesiu dan debu. Saya berteriak keras kepada tetangga, petugas pertahanan sipil, dan kru ambulans, namun tidak ada yang mendengar saya.”

“Setelah sekitar satu setengah jam, ketika saya merasa tercekik, tetangga saya melihat saya di reruntuhan. Kakiku terkubur seluruhnya. Para relawan berjuang selama lebih dari setengah jam untuk mengeluarkan saya dan akhirnya saya keluar dari pemboman dalam keadaan terluka,” ungkap dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1892 seconds (0.1#10.140)