Sejarah Mossad, Badan Intelijen Terkuat Israel

Senin, 18 Desember 2023 - 20:15 WIB
loading...
Sejarah Mossad, Badan Intelijen Terkuat Israel
Mossad, badan intelijen terkuat Israel. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Citra Mossad telah runtuh setelah gagal mencegah dan mengatasi serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023. Padahal, Mossad dikenal sebagai badan intelijen terkuat di negara Yahudi tersebut.

Serangan yang diluncurkan Hamas tiga bulan lalu, yang dikenal sebagai Operasi Badai al-Aqsa, mengakibatkan sekitar 1.200 orang tewas di Israel termasuk ratusan tentara.

Sejarah Mossad, Badan Intelijen Terkuat Israel


Dilansir dari laman Britannica, Mossad adalah salah satu dari tiga badan intelijen terkuat yang dimiliki Israel selain Aman (Intelijen Militer) dan Shin Bet (Dinas Keamanan Dalam Negeri).



Berbeda dengan Aman dan Shin Bet, tugas Mossad adalah mengumpulkan intelijen luar negeri, analisis intelijen dan pelaksanaan operasi rahasia.

Berbasis di Israel, Mossad telah menjadi subjek kontroversi, spekulasi, dan mitos sejak dibentuknya pada 1949.

Dikenal karena operasi rahasia yang canggih, Mossad memiliki sejarah yang panjang dan kompleks yang telah membentuk kehadiran dan reputasinya.

Setelah pendirian Negara Israel pada 1948, Mossad didirikan sebagai bagian integral dari infrastruktur keamanan negara tersebut.

Pada April 1951, Mossad resmi didirikan dengan Reuven Shiloah sebagai direktur pertamanya.

Shiloah, berpengalaman dalam operasi khusus dan diplomasi rahasia sebelum berdirinya Negara Israel, kemudian pensiun pada 1952.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)