5 Fakta Terowongan Terbesar di Gaza Versi Tentara Israel

Senin, 18 Desember 2023 - 12:37 WIB
loading...
A A A
Dalam sebuah pernyataan hari Minggu, IDF menuduh bahwa sistem terowongan tersebut adalah proyek saudara pemimpin Hamas Yahya Sinwar, Muhammad Sinwar. IDF tidak memberikan bukti apa pun untuk mendukung klaim tersebut.

"Jutaan dolar diinvestasikan dalam terowongan ini. Butuh waktu bertahun-tahun untuk membangun terowongan ini... Kendaraan dapat melewatinya," kata Hagari.

Hamas tidak menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari akun Israel tersebut.

5. Berbeda dengan Terowongan Hamas pada Umumnya

5 Fakta Terowongan Terbesar di Gaza Versi Tentara Israel

Foto/IDF

Umumnya terowongan yang diperlihatkan kepada media oleh kelompok tersebut, atau oleh militer Israel setelah penemuan mereka, berukuran sempit dan rendah - dirancang untuk pergerakan satu barisan orang-orang bersenjata dengan berjalan kaki. Terowongan yang ditunjukkan oleh Hagari memiliki poros yang terjun secara vertikal ke bawah, yang menurutnya merupakan bagian dari jaringan yang lebih luas.

Terowongan tersebut telah menjadi tantangan bagi para insinyur Israel, karena khawatir jaringan tersebut dapat menyembunyikan sandera yang ditahan oleh Hamas. Hal ini telah memperlambat serangan yang menimbulkan banyak korban jiwa di kalangan warga sipil Palestina dan telah membuat khawatir negara-negara dunia.

IDF mengklaim telah mengungkap “ratusan terowongan terowongan teror di seluruh Jalur Gaza” dan mengatakan bahwa pihaknya beroperasi “untuk mencari dan menghancurkan lusinan rute terowongan serangan.”

Tentara Pasukan Pertahanan Israel mendapatkan akses ke terowongan Hamas di Gaza, dalam tangkapan layar dari video tak bertanggal yang dirilis oleh IDF.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)