Majelis Umum PBB Dukung Gencatan Senjata Segera di Gaza, Pelaksanaannya Ditunggu

Kamis, 14 Desember 2023 - 15:43 WIB
loading...
Majelis Umum PBB Dukung Gencatan Senjata Segera di Gaza, Pelaksanaannya Ditunggu
Majelis Umum PBB mengadopsi rancangan resolusi yang menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza, di New York, Amerika Serikat, pada 12 Desember 2023. Foto/Fatih Aktas/Anadolu Agency
A A A
NEW YORK - Majelis Umum PBB telah memberikan suara terbanyak untuk mendukung gencatan senjata kemanusiaan segera di Jalur Gaza.

Kini, seorang pejabat Majelis Umum PBB menekankan pada Rabu (13/12/2023) bahwa resolusi tersebut harus dilaksanakan.

“Presiden Majelis Umum (PGA) Dennis Francis sangat yakin bahwa apa yang terjadi kemarin adalah kemenangan seumur hidup,” ungkap juru bicara Majelis Umum PBB, Monica Grayley, kepada wartawan di New York.

Pernyataannya muncul sehari setelah 153 negara di Majelis Umum PBB memberikan suara mendukung rancangan resolusi yang menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera di Gaza, sementara 10 negara menentangnya dan 23 negara abstain.

“Sekarang saatnya resolusi tersebut diimplementasikan,” tegas Grayley.

Menurut dia, adopsi resolusi tersebut merupakan “ekspresi yang jelas” oleh Majelis Umum.

Grayley juga mengatakan pemimpin umat Katolik dunia Paus Fransiskus “sangat konsisten” dengan apa yang dia katakan sejak 7 Oktober bahwa permusuhan harus segera dihentikan.



Secara terpisah, juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric mengatakan adopsi resolusi tersebut mengirimkan “pesan yang jelas” dari komunitas internasional.

“Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB (Antonio Guterres) akan terus mengadvokasi dan mendorong gencatan senjata kemanusiaan baik secara publik maupun pribadi,” ungkap Dujarric.

Israel telah membombardir Jalur Gaza dari udara dan darat, memberlakukan pengepungan dan melancarkan serangan darat sebagai pembalasan atas serangan lintas batas yang dilakukan kelompok Perlawanan Palestina, Hamas, pada 7 Oktober.

Sebanyak 18.608 warga Palestina telah terbunuh dan 50.594 terluka dalam serangan gencar Israel, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Korban tewas resmi Israel dalam serangan Hamas mencapai 1.200 orang, sementara sekitar 139 orang masih disandera, menurut angka resmi.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)