Mengapa Indonesia Menerima Pengungsi Rohingya?

Rabu, 13 Desember 2023 - 16:15 WIB
loading...
A A A

3. Punya Wilayah Luas


Indonesia memiliki kapasitas untuk menerima pengungsi. Indonesia memiliki luas wilayah yang besar untuk menampung pengungsi.

Sejumlah wilayah yang belum dapat dimanfaatkan dapat digunakan untuk tempat penampungan pengungsi secara sementara atau permanen.

4. Punya Pengalaman Tangani Pengungsi


Indonesia juga memiliki pengalaman dalam menangani pengungsi, seperti pengungsi Vietnam yang mengungsi ke Indonesia pada akhir 1970-an.

Pada tahun 1975, Perang Vietnam berakhir dengan kemenangan Vietnam Utara. Hal ini menyebabkan banyak warga Vietnam Selatan, terutama etnis China dan umat Katolik, melarikan diri ke negara-negara lain, termasuk Indonesia.

Gelombang pertama pengungsi Vietnam tiba di Indonesia pada tahun 1975. Mereka tiba di Indonesia dengan kapal-kapal kecil, yang disebut "perahu manusia". Pengungsi-pengungsi ini melarikan diri dari kekerasan dan penganiayaan di Vietnam.

Pemerintah Indonesia kemudian membuka kamp pengungsian di Pulau Galang, Kepulauan Riau, untuk menampung pengungsi Vietnam. Kamp pengungsian ini menjadi rumah bagi sekitar 250.000 pengungsi Vietnam selama 17 tahun.

Pada tahun 1992, pengungsi Vietnam mulai dipulangkan ke Vietnam. Namun, masih ada beberapa pengungsi Vietnam yang menetap di Indonesia.

Mereka telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan telah berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia.

5. Relatif Mampu Hadapi Berbagai Tantangan


Menerima pengungsi Rohingya juga menimbulkan beberapa tantangan bagi Indonesia. Salah satu tantangan terbesar adalah biaya yang dibutuhkan untuk menampung dan mengintegrasikan pengungsi Rohingya.

Pengungsi Rohingya membutuhkan berbagai macam bantuan, mulai dari makanan, pakaian, tempat tinggal, hingga pendidikan dan pelatihan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1550 seconds (0.1#10.140)