Mengapa Warga Israel Menuntut Mundur PM Israel Benjamin Netanyahu?

Senin, 11 Desember 2023 - 21:45 WIB
loading...
Mengapa Warga Israel Menuntut Mundur PM Israel Benjamin Netanyahu?
PM Israel Benjamin Netanyahu menghadapi tekanan untuk mundur dari rakyatnya. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu dalam posisi yang sulit atau di ujung tandung karena rakyatnya menuntut pengunduran diri karena banyak kegagalan dan kasus yang dialaminya. Tapi, dia enggan dan tetap melakukan berbagai manuver.

Padahal, dalam jajak pendapat terbaru menunjukkan mayoritas warga Israel, 56%, percaya PM Netanyahu harus mengundurkan diri setelah konflik dengan Palestina berakhir. Bahkan, 28% pemilih koalisi mendukung perspektif tersebut dalam jajak pendapat yang dirilis oleh Dialog Center.

Jajak pendapat lainnya yang dirilis oleh Channel 12 juga menyarankan PM Netanyahu untuk mengundurkan. 64% rakyat Israel percaya pemilu harus diadakan segera setelah perang.

Mengapa Warga Israel Menuntut Mundur PM Israel Benjamin Netanyahu?

Berikut Adalah 5 Alasan PM Israel Benjamin Netanyahu Layak Mengundurkan Diri.

1. Gagal Membendung Operasi Badai Al-Aqsa

Mengapa Warga Israel Menuntut Mundur PM Israel Benjamin Netanyahu?

Foto/Reuters

Mayoritas rakyat Israel kecewa dengan PM Netanyahu karena kesuksesan Operasi Badai Al-Aqsa yang dilakukan kelompok Hamas terhadap Israel. “Mayoritas 86% responden, termasuk 79% pendukung koalisi, mengatakan serangan mendadak dari Gaza adalah kegagalan kepemimpinan negara tersebut, sementara 92% mengatakan perang tersebut menyebabkan kecemasan,” demikian hasil jajak pendapat Dialog Center.

Rakyat Israel juga menilai PM Netanyahu tidak mampu membangun kesiapan keamanan yang menjadikan Hamas dengan mudah melakukan penyerangan.

Hamas mengatakan operasi tersebut merupakan pembalasan atas penyerbuan Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki dan meningkatnya kekerasan pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Netanyahu menyalahkan tentara dan dinas intelijen Shin Bet atas serangan tersebut dan menuai kecaman luas karena secara terbuka menuduh mereka melakukan kegagalan keamanan dalam tweet yang sekarang sudah dihapus.

Netanyahu menggunakan akun X, yang sebelumnya bernama Twitter, pekan lalu untuk menyangkal klaim bahwa ia telah diperingatkan mengenai serangan Hamas, dengan mengatakan bahwa tentara dan badan intelijen telah berulang kali mengatakan bahwa kelompok militan tersebut “terhalang” dan tidak menimbulkan ancaman keamanan dalam waktu dekat.

"Netanyahu selalu ingin dikenang sebagai pelindung Israel,” kata Joe Buccino, pengamat politik Israel, dilansir The Hill. " Ini adalah sesuatu yang sering dia katakan. Namun, setelah pemerintahannya gagal menjaga keamanan Israel, Netanyahu menolak tanggung jawab apa pun," ungkapnya.


2. Tidak Sukses Meluncurkan Operasi Pedang

Mengapa Warga Israel Menuntut Mundur PM Israel Benjamin Netanyahu?

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)