Perayaan Natal di Betlehem Dibatalkan Seiring Genosida Gaza, Simbolkan Bayi Yesus di Reruntuhan

Senin, 11 Desember 2023 - 13:15 WIB
loading...
Perayaan Natal di Betlehem Dibatalkan Seiring Genosida Gaza, Simbolkan Bayi Yesus di Reruntuhan
Pastor Munther Isaac menambahkan puing pada instalasi yang menunjukkan sosok yang melambangkan bayi Yesus terbaring di tengah reruntuhan di gua menjelang Natal di Gereja Evangelis Lutheran. Foto/REUTERS
A A A
BETHLEHEM - Di Gaza, Tepi Barat dan Israel, musim perayaan Natal terasa suram. Tahun ini, tidak akan ada lampu Natal di Betlehem, tidak ada parade meriah di Yerusalem atau dekorasi rumit di Israel.

Di Gaza, warga Palestina berduka atas hilangnya lebih dari 18.000 orang yang tewas akibat pemboman brutal rezim kolonial rasis Israel.

Mayat-mayat ditarik keluar dari bawah reruntuhan setiap hari, sementara orang-orang terus mencari orang-orang tercinta mereka yang hilang di tengah kehancuran berskala besar.

Perang yang dimulai pada tanggal 7 Oktober ini terjadi pada saat umat Kristiani biasanya sedang mempersiapkan musim perayaan Natal.

Namun, untuk pertama kalinya sejak dimulainya perayaan Natal modern, tempat kelahiran Yesus dan pohon Manger Square di Betlehem tidak akan dihias.

Para pemimpin Kristen dan otoritas kota Bethlehem telah memutuskan membatalkan semua perayaan publik, dengan alasan bahwa hal itu "tidak pantas".

Para pemimpin gereja di Yerusalem telah meminta umat Kristiani menahan diri dari kegiatan Natal yang “merayakan hal-hal yang tidak perlu”. Gereja Katolik di Galilea juga mengajukan permintaan serupa.

Presiden Dewan Gereja Injili Lokal di Tanah Suci, Munir Kakish, mengatakan keputusan itu diambil karena “ribuan orang terbunuh dan dalam doa untuk perdamaian”.

Dia menambahkan, “Kami hanya akan mengadakan kebaktian tradisional dan kebaktian tentang makna Natal”.

Tidak Ada Perayaan selama Genosida Gaza


Umat Kristen Palestina yang tinggal di diaspora juga terkena dampak agresi yang sedang berlangsung di Gaza dan memilih merayakan Natal dengan cara yang lebih tenang saat mereka berkabung.

Ryan al-Natour, seorang Kristen Palestina dari Australia, mengatakan dia merasa perlu untuk membatalkan perayaan di wilayah Palestina yang diduduki israel.

“Saya merasa hal ini perlu karena akan sangat menjijikkan jika kita merayakannya di tengah genosida,” ungkap dia kepada Middle East Eye.

“Setiap kali saya memikirkan mereka (orang Kristen Palestina di Gaza), saya merasa sangat bersalah sebagai diaspora Palestina,” papar dia.

“Saya tahu mereka kelaparan dan dibom tanpa henti. Saya ragu perayaan Tuhan dan penyelamat kita adalah prioritas mereka ketika mereka disiksa saat ini di tangan negara kolonial apartheid yang rasis dan berdedikasi untuk menghapuskan mereka,” ujar dia.

Natour mengatakan komunitas Kristen di Gaza berusaha melakukan yang terbaik bagi mereka, meski ingin tetap tinggal di rumah dan tanah mereka. Namun baginya, Natal tahun ini akan sangat berbeda.

“Saya tidak bisa, dengan hati nurani yang baik, merayakan (perayaan) Natal sementara warga Palestina, baik Kristen maupun Muslim, sedang dimusnahkan dalam jumlah besar,” tegas dia.

Sentimen Global


Di seluruh dunia, umat Kristen Palestina lainnya juga mempunyai sentimen yang sama.

Seorang Kristen Palestina yang tinggal di California mengatakan kepada Middle East Eye, “Kami tidak menyalakan lampu tahun ini. Tidak ada yang perlu dirayakan.”

Susan Muaddi Darraj, penulis Palestina-Amerika yang tinggal di Philadelphia, mengatakan dia tidak terkejut dengan pembatalan perayaan Natal.

“Komunitas kami sedang berduka,” tutur dia kepada Middle East Eye.

“Kami terkejut atas kekejaman yang dilakukan terhadap warga sipil tak berdosa. Umat Kristen Palestina adalah bagian dari komunitas ini, dan tidak merayakannya merupakan indikasi penting kesedihan kami dan tanda rasa hormat kami terhadap jiwa-jiwa yang telah bangkit,” tutur dia.

Dia juga mengatakan dia tidak akan memasang dekorasi apa pun. “Tidak akan ada hari libur apa pun dalam upaya mencapai resolusi yang adil bagi Palestina,” ungkap dia.

Darraj mengatakan periode ini sangat sulit bagi warga Palestina yang tinggal di diaspora. “Kami mengalami gelombang rasa bersalah yang mendalam dan menyakitkan dari para penyintas, selain mengetahui bahwa nyawa warga Palestina tidak dihargai oleh pemerintah kami,” tutur dia.

Yesus di Reruntuhan


Di Betlehem, satu gereja dihiasi dengan puing-puing sebagai bentuk solidaritas terhadap mereka yang terbunuh di Gaza, bukannya pohon Natal.

“Sementara genosida sedang dilakukan terhadap rakyat kami di Gaza, kami tidak bisa merayakan kelahiran Yesus Kristus tahun ini dengan cara apa pun. Kami tidak ingin merayakannya,” tegas pendeta Gereja Natal Evangelis Lutheran di Betlehem, Munzir Ishak, kepada Anadolu Agency.

Puing-puing tersebut, yang ditumpuk dengan bayi Yesus di tengahnya, melambangkan kehancuran di Gaza dan lebih dari 7.000 anak-anak yang telah terbunuh sejak 7 Oktober. Lilin ditempatkan di sekitar gundukan puing serta patung-patung Kristen.

“Kami ingin memberitahu gereja-gereja di seluruh dunia: 'Sayangnya, Natal di Palestina seperti ini.' Baik Kristen atau Muslim, ini adalah situasi yang kita alami di Palestina. Kita dihadapkan pada perang genosida yang menargetkan seluruh warga Palestina,” tutur dia.

“Sayangnya, ketika kita memikirkan kelahiran Bayi Kristus, kita memikirkan bayi-bayi yang dibunuh secara brutal di Gaza,” tambah Ishak.

Yordania, yang merupakan salah satu komunitas pengungsi Palestina terbesar, juga mengumumkan bahwa mereka tidak akan merayakan Natal yang biasanya penuh kegembiraan.

Pada tanggal 2 November, Dewan Pemimpin Gereja Yordania mengatakan perayaan Natal akan dibatalkan.

Banyak alun-alun kota, pusat perbelanjaan, dan pepohonan biasanya dihiasi dengan dekorasi dan lampu pada saat ini. Namun, tahun ini, tidak akan ada pasar Natal, parade, atau penerangan pohon umum.

Ibrahim Dabbour, sekretaris jenderal Dewan Pemimpin Gereja dan seorang pendeta Ortodoks Yunani, mengatakan ibadah keagamaan akan tetap dilanjutkan.

“Di rumah kita bisa merayakannya, tapi di hati kita, kita menderita,” tutur dia.

Dewan Pimpinan Gereja Yordania juga berjanji memberikan sumbangan yang dihimpun untuk membantu orang-orang di Gaza.

“Pengumuman itu bahkan tidak diperlukan,” ungkap Imad Mayyah, presiden Dewan Evangelis Yordania. "Tidak ada warga Yordania yang merayakan apa pun."

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)