Mengerikan, Anak-anak di Gaza Menjalani Amputasi Tanpa Anestesi

Senin, 11 Desember 2023 - 08:11 WIB
loading...
Mengerikan, Anak-anak di Gaza Menjalani Amputasi Tanpa Anestesi
Anak-anak terluka akibat serangan pasukan rezim kolonial Israel di Rafah, Jalur Gaza. Foto/Shehab Younis
A A A
JALUR GAZA - Beberapa anak di Jalur Gaza menjalani amputasi tanpa anestesi karena kekurangan dana dan stok medis. Adapun anak-anak yang lain berada di ambang kelaparan.

Kondisi mengerikan itu diungkap perwakilan dari organisasi kemanusiaan Save the Children.

Sebelumnya, Sesi Khusus Dewan Eksekutif Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) diadakan atas permintaan 17 negara anggota untuk membahas situasi kemanusiaan di Jalur Gaza.

Kemudian, seluruh 34 negara anggota Dewan Eksekutif WHO, termasuk Amerika Serikat, menyetujui resolusi mengenai Gaza yang menyerukan pengiriman bantuan kemanusiaan tanpa hambatan ke daerah kantong tersebut dan evakuasi orang-orang yang terluka.

Pada saat yang sama, perwakilan dari Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan pada sesi tersebut bahwa organisasi tersebut masih beroperasi di Gaza, namun berada di ambang kehancuran, karena lebih dari 134 staf UNRWA telah terbunuh di daerah kantong itu sejak 7 Oktober.

Pada tanggal 7 Oktober, gerakan Palestina Hamas melancarkan serangan terhadap Israel dari Jalur Gaza sebagai pembalasan atas kekejaman yang dilakukan Israel dan penyerbuan Masjid Al-Aqsa.

Rezim kolonial Israel kemudian menyerbu Jalur Gaza dan memerintahkan blokade total terhadap Gaza, memutus pasokan air, makanan, medis, dan bahan bakar.



Sejak tanggal 27 Oktober, Israel melancarkan serangan darat ke Jalur Gaza. Serangan barbar Israel telah membunuh lebih dari 18.000 warga Palestina.

Pada tanggal 24 November, Qatar memediasi kesepakatan antara Israel dan Hamas mengenai jeda kemanusiaan sementara dan pertukaran beberapa tahanan dan sandera, serta pengiriman bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza. Gencatan senjata diperpanjang beberapa kali dan berakhir pada 1 Desember.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)