PBB Sebut Iran Langgar Embargo Senjata Yaman

Sabtu, 13 Januari 2018 - 14:04 WIB
PBB Sebut Iran Langgar Embargo Senjata Yaman
PBB Sebut Iran Langgar Embargo Senjata Yaman
A A A
NEW YORK - Iran telah melanggar embargo senjata PBB karena gagal memblokir pasokan rudal ke pemberontak Houthi yang ditembak jatuh Arab Saudi. Begitu laporan panel ahli PBB, mendukung klaim Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi atas keterlibatan militer Teheran di Yaman.

Laporan itu tidak mengidentifikasi pemasok rudal namun menjelaskan bahwa rudal-rudal yang diperiksa oleh para ahli berasal dari Iran.

"Panel tersebut telah mengidentifikasi sisa-sisa rudal, peralatan militer terkait dan kendaraan udara tak berawak militer yang berasal dari Iran dan dimasukkan ke Yaman setelah diberlakukannya embargo senjata yang direncanakan pada tahun 2015," kata laporan tersebut ke Dewan Keamanan.

"Akibatnya, panel tersebut menemukan bahwa Republik Islam Iran tidak mematuhi paragraf 14 resolusi 2216 yang memberlakukan larangan penjualan senjata ke Yaman," kata laporan setebal 79 halaman yang dipresentasikan pada hari Selasa seperti dikutip dari AFP, Sabtu (13/1/2018).

Iran telah membantah keras mempersenjatai Houthi dan bulan lalu menuduh Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, mempresentasikan bukti "palsu" bahwa rudal 4 November yang ditembakkan ke bandara Riyadh buatan Iran.

Haley mengatakan kepada Dewan Keamanan pada bulan Desember bahwa AS akan mendorong tindakan terhadap Iran karena serangan rudal yang menargetkan sekutunya. Namun Rusia dengan cepat memberi isyarat bahwa pihaknya tidak akan mendukung rencana tersebut.

"Serangan rudal ke bandara Riyadh mengubah tenor konflik, dan berpotensi mengubah konflik lokal menjadi masalah regional yang lebih luas," para ahli memperingatkan.

Panel tersebut juga mengatakan sedang menyelidiki apakah Iran telah mengirim "penasihat" untuk membantu Houthi dalam perang mereka melawan koalisi pimpinan Arab Saudi.

Para ahli PBB melakukan perjalanan ke Arab Saudi pada bulan November dan bulan lalu untuk memeriksa sisa-sisa rudal yang ditembak oleh Houthi pada bulan Mei, Juli, November dan Desember.

Mereka menemukan bahwa fitur desain dari puing-puing rudal itu konsisten dengan rudal Qiam-1 buatan Iran dan diproduksi serta hampir dipastikan diproduksi oleh produsen yang sama.

"Pesawat tak berawak hampir identik dalam desain dengan UAV buatan Iran yang diproduksi oleh Industri Manufaktur Pesawat Iran Hesa," kata laporan tersebut.

"Iran gagal mengambil tindakan yang diperlukan untuk mencegah pasokan, penjualan atau pengiriman langsung atau tidak langsung ke rudal Houthi, tangki penyimpanan untuk propelan dan pesawat tak berawak," kesimpulan laporan itu.

Sebuah laporan terpisah bulan lalu mengatakan bahwa pejabat PBB telah memeriksa fragmen rudal tersebut dan menemukan bahwa mereka berasal dari asal usul yang umum, namun mereka tidak dapat mencapai kesimpulan tegas apakah Iran adalah sumbernya.

Sudah menjadi salah satu negara termiskin di dunia Arab, Yaman telah bertekuk lutut sejak koalisi pimpinan-Saudi turun tangan pada bulan Maret 2015 untuk mendukung pemerintah.

Lebih dari 8.750 orang tewas dalam perang tersebut dan negara tersebut menghadapi apa yang telah digambarkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Para ahli mengkritik kedua koalisi tersebut karena membunuh warga sipil dengan serangan udara dan pasukan Houthi atas serangan yang sangat mempengaruhi non-kombatan.

"Panel tersebut tidak melihat bukti bahwa tindakan yang tepat diambil oleh pihak manapun untuk mengurangi dampak yang menghancurkan dari serangan terhadap penduduk sipil ini," kata laporan tersebut.

"Setelah hampir tiga tahun konflik, Yaman sebagai sebuah negara memiliki segalanya namun tidak ada lagi. Alih-alih menjadi sebuah negara tunggal, sebaliknya ada kubu yang berperang, dan tidak ada satu pihak yang memiliki dukungan politik atau kekuatan militer untuk menyatukan kembali negara tersebut atau mencapai kemenangan di medan perang," demikian bunyi laporan itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3350 seconds (0.1#10.140)