5 Alasan Presiden Suriah Bashar Al-Assad Mendukung Hamas

Minggu, 10 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Namun dalam aliansi ini, rezim Suriah adalah “aktor pasif” kata Joseph Daher, seorang akademisi dan pakar Hizbullah dan Suriah.

“Sejak tahun 2011, Suriah hampir tidak memiliki peran otonom, dan bergantung pada Iran atau Rusia, dan terkadang saling berhadapan,” kata Daher. “Setiap pembukaan front militer [melawan Israel] dari Suriah sebenarnya akan dilakukan oleh Hizbullah atau milisi pro-Iran,” dan Suriah sendiri, “tidak mau dan tidak mampu melancarkan perang melawan Israel”.

Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah sendiri mengakui hal yang sama: “Kita tidak bisa meminta lebih banyak dari Suriah dan kita harus realistis,” kata Nasrallah pada 11 November dalam pidatonya di hadapan para pendukungnya. “Suriah telah mengalami perang global selama 12 tahun. Meskipun situasinya sulit, mereka mendukung perlawanan dan menanggung akibatnya.”

4. Marah karena Kerap Jadi Target Serangan Israel

5 Alasan Presiden Suriah Bashar Al-Assad Mendukung Hamas

Foto/Reuters

Sejak dimulainya perang di Gaza, Suriah telah menjadi lokasi serangan dan pembalasan antara Israel dan AS di satu sisi, dan Iran serta milisi yang didukung Iran di sisi lain.

Selama sebulan terakhir, AS telah melakukan beberapa serangan udara di Suriah terhadap Korps Garda Revolusi Islam Iran dan sekutunya, dan Israel mengebom bandara di Damaskus dan Aleppo. Sementara itu, milisi yang didukung Iran telah menyerang sasaran AS setidaknya 40 kali di Irak dan Suriah, menurut Pentagon.

Meningkatnya kekerasan menciptakan lebih banyak ketidakstabilan di Suriah, dan “meningkatkan kemungkinan bahwa Suriah akan berubah menjadi medan perang proksi yang dilancarkan oleh kekuatan regional dan global, sehingga menambah penderitaan dan kesengsaraan rakyat Suriah,” kata Akhter.

Namun sementara warga Suriah menderita sebagai konsekuensi dari aliansi rezim tersebut dengan Hamas, Assad sendiri mungkin akan mendapatkan keuntungan politik karena para pemimpin regional mendapat tekanan yang semakin besar dari masyarakat untuk mengubah pendirian mereka terhadap Israel.

Ketika Kesepakatan Abraham terlihat semakin tidak dapat dipertahankan, normalisasi rezim Suriah dengan para pemimpin Arab terus berlanjut. Pada bulan November, al-Assad menghadiri KTT Arab-Islam yang diselenggarakan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman di Riyadh, Arab Saudi, berdiri di samping para pemimpin regional yang sebelumnya mengecamnya.

5. Memperkuat Popularitas Assad di Dalam Negeri

5 Alasan Presiden Suriah Bashar Al-Assad Mendukung Hamas

Foto/Reuters

Namun terlepas dari dukungan retoris rezim tersebut terhadap Gaza, atau kesempatan berfoto yang muncul dalam pertemuan puncak regional, al-Assad tetap menjadi sosok yang memecah belah dan tidak populer.

“Masalah utama [bagi rezim Suriah] bukanlah pembebasan Palestina, namun kelangsungan hidup dan kepentingan geopolitiknya,” kata Daher.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0881 seconds (0.1#10.140)