5 Alasan Presiden Suriah Bashar Al-Assad Mendukung Hamas

Minggu, 10 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
5 Alasan Presiden Suriah Bashar Al-Assad Mendukung Hamas
Presiden Suriah Bashar Al-Assad memiliki kedekatan dengan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Dampak regional dari perang Israel di Gaza telah menarik perhatian baru pada apa yang disebut “poros perlawanan” – sebuah aliansi antara Hamas, Hizbullah, Iran dan Suriah .

Namun meski Hizbullah dan Iran terlihat aktif sejak 7 Oktober, rezim Suriah hanya memainkan peran yang lebih tertutup dalam mendukung sekutunya, Hamas.

Berikut Adalah 5 Alasan Presiden Bashar Al-Assad Mendukung Hamas

1. Sudah Menjalin Rekonsiliasi

5 Alasan Presiden Suriah Bashar Al-Assad Mendukung Hamas

Foto/Reuters

Baru pada bulan Oktober tahun lalu Hamas secara resmi menjalin kembali hubungan dengan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad, lebih dari satu dekade setelah mereka terpuruk pada tahun-tahun awal perang saudara di Suriah ketika Hamas ikut serta dalam perang saudara di Suriah.

Rekonsiliasi dilaporkan didorong oleh Hizbullah dan Iran untuk melawan semakin banyaknya pemerintah Arab yang menormalisasi hubungan mereka dengan Israel melalui Perjanjian Abraham.

Karena pengepungan Israel yang semakin ketat di Gaza yang terjadi sejak tahun 2007, Hamas sangat membutuhkan sekutu. Dan dengan perekonomian Suriah yang terpuruk dan infrastruktur Suriah yang semakin menjadi sasaran serangan udara Israel, Damaskus tidak dapat mempertahankan dendamnya ketika pendukung utamanya, Iran dan Hizbullah, mendorong rekonsiliasi.

Kontribusi Suriah terhadap kekuatan Hamas sangatlah kecil dan kemungkinan besar tidak akan berperan dalam memfasilitasi serangan tanggal 7 Oktober.


2. Kirim Roket Jarak Jauh ke Hamas

5 Alasan Presiden Suriah Bashar Al-Assad Mendukung Hamas

Foto/Reuters

Meskipun Ismail Haniyeh, kepala sayap politik Hamas, mengatakan kepada Al Jazeera tahun lalu bahwa sebagian dari persenjataan roket jarak jauh kelompok tersebut berasal dari Suriah, sebagian besar persediaan militernya berasal dari Iran atau diproduksi di dalam negeri. Namun, posisi Suriah dalam aliansi yang lebih luas dengan Iran dan Hizbullah tetap menjadi faktor penting dalam meningkatnya kekerasan di wilayah tersebut.

“Suriah masih memainkan peran penting dalam Poros Perlawanan, hanya karena posisi geostrategisnya,” kata Nasrin Akhter, kandidat PhD di Universitas St Andrews yang meneliti hubungan antara Hamas, Hizbullah, dan Suriah, dilansir Al Jazeera.

“Selain berfungsi sebagai saluran transfer senjata ke Hizbullah, Suriah juga memberi Iran pijakan di arena Arab-Israel, memungkinkannya membuka front kedua melawan Israel, dan memberinya basis untuk menargetkan AS. posisi di wilayah tersebut.”

3. Ada Campur Tangan Hizbullah dan Iran

5 Alasan Presiden Suriah Bashar Al-Assad Mendukung Hamas

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1004 seconds (0.1#10.140)