6 Tantangan Presiden Putin saat Terpilih pada Pemilu Presiden 2024

Sabtu, 09 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Ketika pasukan konvensionalnya terhambat di Ukraina oleh lawan bersenjata Barat yang lebih kecil namun bermotivasi tinggi, Putin telah berulang kali membicarakan ukuran dan kemampuan persenjataan nuklir Rusia.

Dia menyatakan kemungkinan bahwa Rusia dapat melanjutkan uji coba nuklir untuk pertama kalinya sejak Uni Soviet melakukannya pada tahun 1990, meskipun Moskow mengatakan pihaknya tidak akan melakukan uji coba kecuali Amerika Serikat melakukannya. Prospek saat ini tampak suram untuk perpanjangan atau perjanjian penerus perjanjian New START yang membatasi jumlah hulu ledak strategis yang dapat dikerahkan oleh Rusia dan Amerika Serikat.

Ini adalah perjanjian pengendalian senjata nuklir terakhir yang tersisa antara kedua negara dan akan berakhir pada Februari 2026, kurang dari dua tahun setelah masa jabatan baru Putin.

4. Perdagangan dan Energi

6 Tantangan Presiden Putin saat Terpilih pada Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters

Rusia telah kehilangan sebagian besar pasar energi yang menguntungkan di Eropa sejak dimulainya perang.

Sebagai kompensasinya, Moskow mengandalkan tiga proyek besar baru: (1) Sebuah "pusat gas" baru di Turki yang memungkinkan Rusia mengubah rute ekspor gasnya; (2) Jalur pipa baru, Power of Siberia 2, yang akan menyalurkan 50 miliar meter kubik gas Rusia lagi per tahun ke China melalui Mongolia; dan (3) Perluasan Jalur Laut Utara, yang dimungkinkan oleh mencairnya es laut Arktik, untuk menghubungkan Murmansk dekat perbatasan Rusia dengan Norwegia ke Selat Bering dekat Alaska.

Kemajuan dalam hal ini pada masa jabatan Putin yang baru akan menjadi ukuran penting mengenai seberapa jauh ia dapat berhasil dalam mengurangi dampak sanksi Barat dan mengarahkan perdagangan Rusia ke arah timur.

5. Ekonomi Domestik

6 Tantangan Presiden Putin saat Terpilih pada Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters

Putin sering membanggakan ketahanan Rusia dalam menghadapi sanksi Barat. Produk domestik bruto (PDB) naik 5% tahun-ke-tahun di bulan Oktober, namun pertumbuhan tersebut sebagian besar disebabkan oleh peningkatan besar-besaran dalam produksi militer.

Pertahanan dan keamanan akan menghabiskan sekitar 40% belanja anggaran tahun depan, sehingga mengesampingkan prioritas lain seperti pendidikan dan kesehatan. Ratusan ribu orang Rusia, termasuk banyak profesional muda dan spesialis TI, telah meninggalkan negaranya sejak bintang tersebut muncul dampak perang, yang menyebabkan kekurangan tenaga kerja di industri-industri utama.

Inflasi di atas 7% dan suku bunga 15%. Selama sebagian besar masa pemerintahannya, Putin mampu meningkatkan daya tariknya terhadap masyarakat Rusia dengan meningkatkan standar hidup, namun kini ia menghadapi tantangan untuk mencegah terkikisnya standar hidup tersebut.

6. Membangun Lingkaran Elite

6 Tantangan Presiden Putin saat Terpilih pada Pemilu Presiden 2024

Foto/Reuters

Putin berusia 71 tahun pada bulan Oktober dan akan berusia 77 tahun pada akhir masa jabatan barunya – meskipun usia tersebut masih lebih muda dibandingkan Presiden AS Joe Biden ketika ia dilantik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)