Vladimir Putin Dikawal Jet Tempur Su-35, Ini Penjelasan Kremlin

Kamis, 07 Desember 2023 - 21:20 WIB
loading...
Vladimir Putin Dikawal Jet Tempur Su-35, Ini Penjelasan Kremlin
Sejumlah jet tempur SU-35S mengawal pesawat Presiden Rusia Vladimir Putin saat melakukan kunjungan ke Timur Tengah. Foto/The Drive
A A A
MOSKOW - Kremlin buka suara terkait keberadaan sejumlah jet tempur Su-35S yang menemani perjalanan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Timur Tengah . Menurut juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, itu adalah bagian dari pengamanan terhadap keselamatan pemimpin Rusia tersebut.

"Langkah-langkah ini diambil untuk melindungi pemimpin Rusia di wilayah yang bergejolak, dan izin penerbangan khusus diperoleh untuk pengawalan udara pesawat kepresidenan dari negara yang mereka lewati," terang Peskov kepada wartawan seperti dikutip dari RT, Kamis (7/12/2023).

Putin mengunjungi Abu Dhabi dan Riyadh pada hari Rabu, di mana ia mengadakan pembicaraan dengan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan dan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud. Pesawatnya diapit oleh empat jet tempur Su-35S Angkatan Udara Rusia yang membawa senjata standar berbagai kelas.



Mengomentari langkah tersebut, Peskov mengatakan bahwa meskipun UEA dan Arab Saudi adalah negara yang stabil dan aman, lingkungan di sekitarnya tentu saja penuh dengan bahaya dan ketidakpastian.

"Jadi, tentu saja, semua tindakan diambil untuk menjamin keamanan kepala negara Rusia pada tingkat yang tepat,” ujarnya.

Sebuah video jet tempur Su-35S yang mengawal pesawat Putin selama kunjungannya ke Timur Tengah telah dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

Dalam pertemuan dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud, Putin mengatakan bahwa tidak ada keadaan yang dapat menghalangi berkembangnya hubungan persahabatan antara kedua negara.

"Para pemimpin membahas konflik Hamas-Israel, kerja sama dalam OPEC+ dan kerja sama investasi lainnya antara Rusia dan Arab Saudi," kata Peskov.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)