Putin Dikawal 4 Jet Tempur Rusia dalam Lawatan ke Timur Tengah

Kamis, 07 Desember 2023 - 08:57 WIB
loading...
Putin Dikawal 4 Jet Tempur Rusia dalam Lawatan ke Timur Tengah
Menlu UEA Abdullah bin Zayed Al Nahyan menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin saat tiba di bandara Abu Dhabi, UEA, Rabu (6/12/2023). Foto/AP
A A A
MOSKOW - Presiden Vladimir Putin ke Timur Tengah dengan dikawal empat jet tempur Rusia pada Rabu (6/12/2023) untuk perjalanan yang jarang terjadi ke luar negeri.

Dia akan membahas minyak, Gaza dan Ukraina dengan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman (MBS), menurut laporan Reuters.

Pertemuan Putin dengan Pangeran Saudi yang dikenal sebagai MBS, terjadi setelah harga minyak turun meskipun ada janji dari OPEC+, yang merupakan kelompok Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya yang dipimpin Rusia, untuk mengurangi produksi lebih lanjut.

Pesawat Putin dikawal jet tempur Sukhoi-35S yang ditunjukkan Kementerian Pertahanan Rusia terbang di samping pesawat Ilyushin-96 yang dinaikinya dari Rusia ke Uni Emirat Arab.

Di Abu Dhabi, Presiden Sheikh Mohammed Bin Zayed Al Nahyan menyambut “sahabatnya” itu. Jet UEA menyambut pemimpin Rusia tersebut dengan terbang melintas dengan menaburkan warna bendera Rusia di langit.

“Hubungan kami, sebagian besar berkat posisi Anda, telah mencapai tingkat tinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya,” ujar Putin kepadanya. “UEA adalah mitra dagang utama Rusia di dunia Arab.”



Delegasi Rusia terdiri dari para pejabat tinggi bidang minyak, ekonomi, urusan luar negeri, ruang angkasa, dan energi nuklir.

Putin mengatakan Rusia dan UEA bekerja sama sebagai bagian dari OPEC+, yang anggotanya memproduksi lebih dari 40% minyak dunia, dan mereka akan membahas konflik Israel-Palestina dan Ukraina.

Setelah UEA, Putin dijadwalkan melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk pertemuan tatap muka pertamanya dengan MBS sejak Oktober 2019.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0923 seconds (0.1#10.140)