Meski Pendukung Palestina Kerap Jadi Korban Kekerasan, Penjualan Keffiyeh di AS Justru Melonjak

Rabu, 06 Desember 2023 - 05:27 WIB
loading...
Meski Pendukung Palestina Kerap Jadi Korban Kekerasan, Penjualan Keffiyeh di AS Justru Melonjak
Sebagai dukungan bagi pendukung Palestina, penjualan keffiyeh meningkat drastis di AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Semakin banyak orang Amerika yang mengenakan keffiyeh , syal bermotif khas yang sangat erat kaitannya dengan warga Palestina. Itu sebagai dorongan untuk menuntut gencatan senjata terhadap serangan Israel di Gaza atau untuk menandakan dukungan mereka terhadap warga Palestina.

Para distributor syal khas Palestina itu menyatakan penjualan syal tersebut telah melonjak sejak perang Israel-Hamas dimulai pada bulan Oktober. Bahkan ketika keffiyeh telah dilepas secara paksa oleh pasukan keamanan pada beberapa protes dan pemakainya melaporkan menjadi sasaran pelecehan verbal dan fisik.

“Itu seperti saklar lampu. Tiba-tiba, kami memiliki ratusan orang di situs web secara bersamaan dan membeli apa pun yang mereka bisa,” kata Azar Aghayev, distributor Hirbawi di AS, yang dibuka pada tahun 1961 dan merupakan satu-satunya produsen keffiyeh yang tersisa di Tepi Barat yang diduduki Israel, dilansir Al Jazeera.

“Dalam dua hari, stok yang kami miliki habis begitu saja, bukan habis, malah oversold.”

Hirbawi, yang telah mematenkan mereknya, menjual syal secara internasional melalui situs webnya di AS dan Jerman serta di Amazon. Seluruh 40 variasi di situs AS, yang mencakup banyak warna cerah serta hitam dan putih tradisional, telah terjual habis, kata Aghayev.

Penjualan unit syal keffiyeh telah meningkat 75 persen dalam 56 hari antara tanggal 7 Oktober dan 2 Desember di Amazon.com dibandingkan dengan 56 hari sebelumnya, menurut data dari perusahaan analisis e-commerce Jungle Scout.

Penelusuran untuk “syal Palestina untuk wanita” meningkat sebesar 159 persen dalam tiga bulan hingga tanggal 4 Desember dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya; penelusuran untuk “syal militer shemagh”, “keffiyeh palestine”, dan “keffiyeh” masing-masing meningkat sebesar 333 persen, 75 persen, dan 68 persen.

Keffiyeh, dengan pola jaring ikannya, umum ditemukan di seluruh dunia Arab, dan akarnya sudah ada sejak 3100 SM. Ini pertama kali melambangkan perlawanan Palestina selama Pemberontakan Arab melawan pemerintahan Inggris tahun 1936 dan kemudian menjadi tutup kepala khas pemimpin Organisasi Pembebasan Palestina Yasser Arafat.

Meskipun Hirbawi adalah produsen paling terkenal, produsen lainnya termasuk pengrajin kecil dan peniru global; pembuat barang mewah Louis Vuitton menjual versinya pada tahun 2021.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)