Ini Bahaya AI yang Dimanfaatkan Israel untuk Membunuh Warga Tak Berdosa di Gaza

Sabtu, 02 Desember 2023 - 19:21 WIB
loading...
A A A
Kerugian besar terhadap kehidupan warga sipil di Gaza disebabkan oleh meluasnya penggunaan sistem AI yang disebut “Habsora”.

Laporan ini konon merekomendasikan target potensial di Gaza dengan kecepatan otomatis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mengutip mantan perwira, penyelidikan tersebut menuduh teknologi ini memfasilitasi “pabrik pembunuhan massal” yang lebih mengutamakan kuantitas daripada akurasi, sehingga memungkinkan kerusakan tambahan yang lebih tinggi.

Tujuan tersebut secara eksplisit disebutkan oleh Juru Bicara militer Israel Daniel Hagari yang, pada awal operasi militer Israel pada bulan Oktober, mengatakan: “Penekanannya adalah pada kerusakan dan bukan pada keakuratan.”

Meskipun belum pernah terjadi sebelumnya tentara Israel menyerang lebih dari 1.000 sasaran listrik dalam lima hari, kata laporan itu, gagasan untuk menyebabkan kehancuran massal di wilayah sipil untuk tujuan strategis telah dirumuskan dalam operasi militer sebelumnya di Gaza, yang diasah oleh apa yang disebut dengan Israel. “Doktrin Dahiya” dari Perang Lebanon Kedua tahun 2006.

Menurut doktrin – yang dikembangkan oleh mantan Kepala Staf IDF Gadi Eizenkot, yang sekarang menjadi anggota Knesset dan bagian dari kabinet perang saat ini – dalam perang melawan kelompok gerilya seperti Hamas atau Hizbullah, Israel harus menggunakan kekuatan yang tidak proporsional dan berlebihan saat menargetkan infrastruktur sipil dan pemerintah untuk membangun pencegahan dan memaksa penduduk sipil untuk menekan kelompok tersebut agar mengakhiri serangan mereka. Konsep “target kekuasaan” diklaim berasal dari logika yang sama.

Lebih dari 15.000 warga Palestina telah terbunuh sejauh ini, termasuk sejumlah besar perempuan, anak-anak dan orang tua yang bukan militan. Pembunuhan tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel telah digambarkan sebagai “kasus genosida” oleh para ahli terkemuka di bidang studi genosida.

Banyaknya korban jiwa dan kehancuran di kalangan warga sipil telah mendorong kelompok-kelompok hak asasi manusia dan firma hukum untuk menuntut penyelidikan independen guna menghasilkan akuntabilitas atas apa yang oleh banyak orang disebut sebagai genosida di Gaza.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)