Kapal Tanker Berafialisi dengan Zionis Kembali Dibajak, Akankah Yaman Akan Diserang Israel?

Minggu, 26 November 2023 - 21:11 WIB
loading...
Kapal Tanker Berafialisi dengan Zionis Kembali Dibajak, Akankah Yaman Akan Diserang Israel?
Milisi Yaman kembali membajak kapal tanker yang berafiliasi dengan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Para milisi Yaman menyita sebuah kapal tanker yang terkait dengan Israel di lepas pantai Aden, Yaman, pada Minggu. Meskipun belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab, serangan ini terjadi karena setidaknya ada dua serangan maritim lainnya dalam beberapa hari terakhir yang dikaitkan dengan perang Israel-Hamas.

"Para penyerang merebut Central Park, yang dikelola oleh Zodiac Maritime, di Teluk Aden," kata perusahaan dan firma intelijen swasta Ambrey. Seorang pejabat pertahanan Amerika, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya untuk membahas masalah intelijen, juga membenarkan serangan itu terjadi.

Prioritas kami adalah keselamatan 22 awak di dalamnya, kata Zodiac dalam sebuah pernyataan. “Kapal yang berkapten Turki itu memiliki awak multinasional yang terdiri dari awak berkewarganegaraan Rusia, Vietnam, Bulgaria, India, Georgia, dan Filipina. Kapal itu membawa muatan penuh asam fosfat.”

Zodiac menggambarkan kapal itu milik Clumvez Shipping Inc., meskipun catatan lain secara langsung mengaitkan Zodiac sebagai pemiliknya. Zodiac Maritime yang berbasis di London adalah bagian dari Zodiac Group milik miliarder Israel Eyal Ofer. Catatan perusahaan Inggris mencantumkan dua pria dengan nama belakang Ofer sebagai direktur saat ini dan mantan direktur Clumvez Shipping, termasuk Daniel Guy Ofer, yang juga direktur di Zodiac Maritime.

Belum jelas siapa yang berada di balik serangan itu. Aden dikuasai oleh pasukan yang bersekutu dengan pemerintah Yaman yang diakui secara internasional dan koalisi pimpinan Saudi yang telah memerangi pemberontak Houthi yang didukung Iran selama bertahun-tahun. Secara teori, bagian Teluk Aden berada di bawah kendali pasukan tersebut dan cukup jauh dari wilayah yang dikuasai Houthi di negara tersebut. Perompak Somalia juga tidak diketahui beroperasi di kawasan itu.



Pejabat pertahanan AS mengatakan bahwa tampaknya “sejumlah orang bersenjata tak dikenal dalam jumlah yang tidak diketahui” menyita kapal tersebut.

"AS dan pasukan koalisi berada di sekitar lokasi dan kami memantau situasi dengan cermat,” kata pejabat itu.

Ambrey mengatakan bahwa tampaknya “Pasukan Angkatan Laut AS terlibat dalam situasi ini dan telah meminta kapal-kapal untuk menjauhi daerah tersebut.”

Zodiac Maritime telah menjadi sasaran sebelumnya di tengah perang bayangan yang berlangsung selama bertahun-tahun antara Iran dan Israel. Pada tahun 2021, serangan pesawat tak berawak yang dinilai oleh AS dan negara-negara Barat lainnya dilakukan oleh Iran menewaskan dua awak kapal tanker minyak Zodiac, Mercer Street, di lepas pantai Oman.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)